Implementasi Materi Etika Organisasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Kelas XII di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Khikmah, Amila Noor (2023) Implementasi Materi Etika Organisasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Kelas XII di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi materi etika organisasi kelas XII di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Implementasi materi etika organisasi diterapkan untuk mengatasi masalah target pendidikan yang belum tercapai, yaitu penguatan dalam bidang etika dalam berorganisasi dan penanaman karakter siswa. Fokus penelitian ini diarahkan pada : (1) alasan penanaman karakter dalam beretika organisasi di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, (2) data mengenai implementasi materi etika organisasi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam kehidupan masyarakat kelas XII di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, (3) data mengenai faktor yang mempengaruhi implementasi materi etika organisasi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam kehidupan masyarakat kelas XII di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verification (conclusion drawing). Dari penelitian ini diperoleh hasil dan temuan-temuan sebagai berikut; 1) alasan diterapkannya karakter dalam berorganisasi adalah penguatan dalam bidang organisasi, dalam hal ini anak mempunyai karakter yang baik dalam berorganisasi. Kemudian alasan penanaman karakter dalam berorganisasi selanjutnya adalah karakter yang ingin ditanamkan pada peserta didik. Disamping itu, penanaman karakter dalam organisasi juga dilatar belakangi oleh siswa yang aktif dalam berorganisasi karena banyak kesesuaian antara materi etika organisasi dan penerapannya dalam kehidupan organisasi. 2) pelaksanaan implementasi materi etika organisasi di MA NU Miftahul Ulum baru dilakukan pada tahun 2019. Kegiatan organisasi dimulai pada hari Sabtu, Ahad, Kamis, dan Jum’at mulai jam 3 sore sampai jam 5 sore. Pembentukan karakter ini dilakukan pada saat KBM dan di luar KBM. Pada saat KBM guru mengajarkan nilai moral dan memberi contoh etika yang baik saat berorganisasi. Ketika di luar KBM dilakukan dengan cara pembiasaan. Pembiasaan dilakukan melalui kerja bakti dilingkungan masyarakat sekitar, membagi sembako untuk fakir miskin, dan sebagainya. Kemudian ada juga pelatihan dakwah, kegiatan bina karakter bersama wali kelas meliputi kultum, dan problem solving. 3) faktor yang mempengaruhi implementasi materi etika organisasi di MA NU Miftahul Ulum yaitu meliputi semangat organisasi yang tinggi, dukungan dari peserta didik, sesama anggota, dan pandai membagi waktu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemalasan, kurangnya disiplin, dan kurang fokus dengan tugas organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Organisasi, Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 07:03
Last Modified: 17 May 2023 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item