Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pada Ukm Pecinta Alam Mahasiswa (Palwa “51”)

Setiawan, Agus Maulana (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pada Ukm Pecinta Alam Mahasiswa (Palwa “51”). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Pendidikan ialah suatu usaha untuk membentuk kecerdasan manusia, kecerdasan tersebut bisa berupa kecerdasan afektif, kognitif ataupun psikomotorik. Maka hal tersebut melatarbelakangi pendidikan senantiasa dikembangkan serta dibangun supaya mencetak generasi yang mempunyai kualitas, unggul pada bidang iman, amal serta ilmu. UKM PALWA “51” yang merupakan suatu organisasi yang berlandaskan peduli lingkungan hidup berusaha mendidik dan menanamkan karakter cinta lingkungan kepada para anggota. Model pendidikan karakter yang di terapkan di UKM PALWA “51” peneliti ingin mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pada Ukm Pecinta Alam Mahasiswa (Palwa “51”) Iain Kudus. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aspek pendidikan karakter dalam cinta lingkungan di UKM Pencinta Alam Mahasiswa (PALWA “51”) IAIN Kudus. (2) Untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan karakter melalui cinta lingkungan di UKM Pencinta Alam Mahasiswa (PALWA “51”) IAIN Kudus. (3) Untuk mengetahui mengenai hasil dan evaluasi pendidikan cinta lingkungan pada UKM Mahasiswa Pencinta Alam (PALWA “51”) IAIN Kudus. Untuk mengetahui semua itu peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Sebelum melakukan pendidikan agar pendidikan berjalan dengan baik sehinga SDM yang berkarakter peduli terhadap lingkungan maka UKM PALWA “51” menanamkan indicator dan sub indicator semuamua hasil dari musyawarah anggota untuk mengatur mengenai pengendalian organisasi yang berkarakter sesuai tujuan bersama. (2) Penanaman karakter brjalan karena adanya kesadaran anggota tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan juga adanya rsa persaudaraaan. UKM PALWA “51” dilaksanakan langsung bersinggungan dengan alam dan juga langsung dihadapkan dengan keadaan. (3) Evaluasi secara global mengenai hasil kegiatan dan juga hasil penilaian yang dilakukan oleh pengurus akan di evaluasi oleh seluruh anggota UKM PALWA “51” semua angkatan dalam forum siding. Selain evaluasi itu di keseharian juga saling koreksi satu sama lain, jika anggota ada kekeliruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThoifuri, ThoifuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Cinta Lingkungan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2023 07:54
Last Modified: 19 May 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item