Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus Tahun 2011-2020

Jamil, Abdul (2023) Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus Tahun 2011-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah terdiri dari pendapatan yang diperoleh dari pajak daerah, retribusi daerah, laba dari badan usaha milik daerah (BUMD), dan pendapatan asli daerah lainnya yang sah. Banyak sedikitnya PAD dipengaruhi oleh berbagai hal seperti kemiskinan, pengangguran, peraturan pemerintah dan lain-lain. Data PAD tiga tahun trakhir pada kabupaten kudus mengalami kenaikan. Kenaikan PAD yang terjadi pada saat pandemi menjadikan fenomena yang tidak konstan. Tetapi pada besaran alokasi DAU pada Kabupaten Kudus mengalami penuruan. DAU yang lebih sedikit mengindikasikan daerah tersebut bisa mandiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah, retribusi daerah, dan dana alokasi umum terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus 2011-2020. Penelitian ini menjelaskan tentang teori-teori pajak, retribusi, dan dana alokasi umum. Disertai dengan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, serta dilengkapi penelitian terdahulu kerangka berfikir dan hipotesis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data berasal dari BPS Kabupaten Kudus dengan data sekunder. Populasi penelitian terdiri dari seluruh data Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus yang berasal dari Pajak daerah, Retribusi daerah, dan Pendapatan Dana Alokasi Umum (DAU). Sampel penelitian ini menggunakan Data PAD, Pajak daerah, Retribusi daerah, serta Pendapatan DAU di Kabupaten Kudus selama tahun 2011-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak daerah berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus tahun 2011-2020. Retribusi daerah tidak berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus tahun 2011-2020. Dan dana alokasi umum tidak berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kudus tahun 2011-2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusuma, Aryanti MuhtarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pajak daerah, Retribusi daerah, Dana Alokasi Umum, dan PAD (Pendapatan Asli Daerah).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2023 01:54
Last Modified: 25 May 2023 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item View Item