Implikasi Tawakal Terhadap Resiliensi Penyandang Disabilitas Netra Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus

Sulistiawati, Sulistiawati (2023) Implikasi Tawakal Terhadap Resiliensi Penyandang Disabilitas Netra Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap kondisi psikologis penyandang disabilitas netra. Penyandang disabilitas netra pada umumnya akan memiliki perasaan rendah diri, tidak percaya diri bahkan merasa putus asa dengan keterbatasannya sehingga mereka menarik diri dari lingkungan sosial. Dengan demikian perlunya perbaikan psikologis penyandang disabilitas netra untuk memiliki ketangguhan dalam hidup. Adapun untuk memperbaiki kondisi psikologis tersebut peneliti menggunakan aspek tawakal untuk mengetahui dampaknya terhadap proses resiliensi diri penyandang disabilitas netra. Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus memiliki salah satu program bimbingan yang dilakukan untuk membina mental dan spiritual berupa kajian akhlak tasawuf yang akan berpengaruh terhadap resiliensi para penyandang disabilitas netra. Adapun tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi dan implikasi dari tawakal terhadap resiliensi penyandang disabilitas netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra Pendowo Kudus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini yaitu 2 orang pengurus panti dan 5 orang penyandang disabilitas netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus. Dalam proses menganalisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwa dalam pengimplementasian tawakal pada diri penyandang disabilitas netra dilakukan melalui dua proses yakni pertama, melalui bimbingan mental dan spiritual dengan kajian akhlak tasawuf dari panti. Kedua, pengimplementasian tawakal secara mandiri dengan mengetahui dan meyakini sifat dan kekuasaan Allah, berprasangka baik pada Allah, tunduk dan patuh pada Allah, menggantungkan hati dan pasrah pada Allah juga disertai dengan melakukan ikhtiyar atau usaha untuk memperbaiki diri dan keadaan yang akan datang. Adapun tawakal yang dilakukan memiliki dampak yang sangat baik terhadap resiliensi diri para penyandang disabilitas netra, di antaranya yaitu mereka mampu untuk bertahan dan menghadapi berbagai tekanan hidup, dapat menerima serta dapat beradaptasi positif dengan keadaan hingga mampu untuk bangkit dari keterpurukan. Selain itu, dengan bertawakal juga memberikan kekuatan untuk individu mampu melakukan usaha ataupun berbagai kegiatan positif sehingga dapat bermanfaat untuk memperbaiki diri dan keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaslahat, Meta MalihatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tawakal, Resiliensi, Penyandang Disabilitas Netra, Panti Pelayanan Sosial
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2023 02:20
Last Modified: 25 May 2023 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

View Item View Item