Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Ar-Razzaq Perspektif Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 180 Pada Jam’iyyah Tsamratul Raudhah Di Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (Studi Living Qur’an)

Mauhibah, Riri Ananta (2023) Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Ar-Razzaq Perspektif Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 180 Pada Jam’iyyah Tsamratul Raudhah Di Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (Studi Living Qur’an). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (484kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (775kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (913kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Pembacaan asmaul husna ar-Razzaq yang dilakukan oleh Jam’iyyah Tsamratul Raudhah telah berlangsung sejak tahun 2020. Fenomena pembacaan dan pengamalan asmaul husna ar-Razzaq termasuk dalam kategori living Qur’an sebab mereka mengfungsikan surat al-A’raf ayat 180 yang dimanifestasikan dalam bentuk dzikir yaitu pembacaan asmaul husna. Sedangkan living Qur’an merupakan pelaksanaan ajaran islam sesuai dengan ayat al-Qur’an, maka al-Qur’an menjadi sesuatu yang hidup dalam masyarakat, oleh karenanya termasuk kajian living Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tradisi pembacaan dan pengamalan asmaul husna ar-Razzaq, faktor yang melatarbelakangi penekanan ar-Razzaq serta pemaknaan dari adanya pembacaan asmaul husna ar-Razzaq pada Jam’iyyah Tsamratul Raudhah di desa Beruganjang, Undaan, Kudus. Penulis dalam membahas masalah ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif, Sedangkan objeknya adalah field research. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari lapangan secara langsung, dimana tempatnya adalah jam’iyyah Tsamratul Raudhah, sedangkan sumber sekundernya dari berbagai literatur yang memiliki relevansi terhadap penelitian. Data diperoleh dari melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian akan dianalisis dengan reduksi data (memilah data), display (penyajian data) dan kesimpulan. Sedangkan sebagai pisau analisnya dengan menggunakan teori sosial dari karl Mannheim. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembacaan asmaul husna ar-Razaq diterapkan dalam Jam’iyyah Tsamratul Raudhah sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari rabu malam kamis setelah sholat maaghrib dirumah anggota jam’iyyah yang mendapat giliran. (2) faktor yang melatarbelakangi penekanan ar-Razzaq disebabkan karena kondisi sosial masyarakat yang membutuhkan peran agama sebagai penenang jiwa dan terinspirasi dari kyai Ridwan mukri yang menganjurkan untuk senantiasa mengamalkan asmaul husna sesuai dengan kondisi yang dialaminya. (3) makna dari pembacaan asmaul husna ar-Razzaq berdasarkan teori sosiolosi pengetahuan karl Mannheim adalah pertama, makna objektif sebagai kegiatan rutin yang harus diikuti oleh anggota jam’iyyah. Kedua, makna ekspresif sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, sebagai media penenang jiwa, agar dimudahkan jalan rezeki,mempererat tali silaturrahmi, dan sebagai sarana untuk menghindari hal yang kurang bermanfaat. Ketiga, makna dokumenter sebagai kebiasaan yang secara sadar atau tidak sadar rutin dijalankan, sebagai bentuk implementasi keagamaan, dan sebagai tradisi asosiatif yang mana kegiatan yang mereka lakukan merupakan tanda perolehan dari para guru dan kyai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asmaul Husna, ar-Razzaq, living Qur’an, teori Karl Mannheim
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2023 02:24
Last Modified: 25 May 2023 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10071

Actions (login required)

View Item View Item