Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Masyarakat Samin di Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarrejo Kabupaten Blora

Lestari, Lilis Defi (2023) Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Masyarakat Samin di Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarrejo Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Pendidikan karakter bukan merupakan hal baru dalam dunia pendidikan saat ini. Pendidikan karakter menuntut para pendidik untuk berkontribusi penuh dalam penanaman nilai-nilai karakter dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya dengan mempertahankan kearifan lokal masing-masing dalam setiap daerah yang mulai terkikis akibat pergeseran zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada anak masyarakat Samin di Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarrejo Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan local masyarakat Samin di Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarrejo Kabupaten Blora diterapkan dalam 5 konteks, pertama konsep Tuhan yang mana masyarakat Samin memiliki konsep agama Adam “agama iku gaman, adam pengucape, man gaman lanang”. Kedua, konteks adat istiadat terdiri dari ritual kelahiran dinamakan penanaman tebuni, ritual kematian dilakukan secara mendakdak, ritual Suronan melakukan berpuasa ngebleng, ritual Nyadran, ritual manganan dan ritual puasa sireh. Adat terakhir adalah Pasuwitan atau perkawinandengan ikrar siji kanggo saklawase, kecuali yen rukunne wis salin sandang. Ketiga, konteks interaksi dengan masyarakat tidak melakukan drengki, srei, panesten, dahwen, kemeren, petil jumput, bedok colong, gawe rugi awak liyan. Keempat, konteks mata pencaharian sedulur sikep yaitu petani baik milik pribadi atau buruh tani yang memiliki slogan yaitu butuh nyandang lan mangan kudu gebyah macul sing demunung whek’e dewe. Kelima, konteks pendidikan masyarakat Samin tidak diperbolehkan mendidik anak di pendidikan formal (sekolah). Sedangkan nilai pendidikan karakter berbasis kearifan local pada anak masyarakat Samin yaitu nilai religius, kerja keras dan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kearifan lokal, Masyarakat Samin
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2023 03:17
Last Modified: 25 May 2023 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item