Implementasi Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di MI Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara

Dzulfidah, Intan Luthfiana (2023) Implementasi Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di MI Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (403kB)
[img] Text
2 Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang kurang beragam mengakibatkan terjadinya pembelajaran yang kurang maksimal, proses pembelajaran akan aktif dan tidak monoton jika terjadinya interaksi antara guru dan peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Upaya untuk meningkatkan aktifitas dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas IV MI Nahdlatusy Syubban dengan menerapkan atau mengimplementasikan media pembelajaran tiga dimensi dari benda di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi media tiga dimensi dari benda di lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV MI Nahdlatusy Syubban dalam penerapan media pembelajaran tiga dimensi dari benda dilingkungan sekitar pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di MI Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), pendekatan kualitatif, data-data akan diolah dan dihasilkan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kemudian Kesimpulan (conclusing drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Media Pembelajaran Tiga Dimensi dari Benda di Lingkungan Sekitar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV MI Nahdlatusy Syubban adalah dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Tahap perencanaan yaitu berupa penyusunan RPP, tahap pelaksanaan ini terdapat tiga tahap yaitu pada tahap awal, guru memulai pelajaran dengan salam pembuka do'a bersama dan presensi, tahap kedua pemaparan materi dan praktik dengan menggunakan media tiga dimensi dari benda dilingkungan sekitar dan tahap terakhir yakni kesimpulan dan penutup. Dalam proses penilaian hasil belajar dengan menggunakan media tiga dimensi ini yaitu menggunakan soal evaluasi tes pilihan ganda dan soal uraian. 2) Minat Belajar Siswa Kelas IV MI Nahdlatusy Syubban dalam Penerapan Media Pembelajaran Tiga Dimensi dari Benda di Lingkungan Sekitar pada Mata Pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yaitu meningkat, minat belajar ini di ukur melalui empat indikator yaitu, perasaan senang, ketertarikan untuk belajar, menunjukkan perhatian saat belajar, dan keterlibatan dalam belajar. Selain indicator minat belajar, minat belajar siswa juga dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Tiga Dimensi, Minat Belajar, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:35
Last Modified: 05 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item