Implementasi Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Bae 2 Desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Damayanti, Audina Firda (2023) Implementasi Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Bae 2 Desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (567kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (950kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstract

Anak pada zaman sekarang lebih cenderung bermain permainan yang tidak banyak mengeluarkan tenaga. Mereka lebih memilih berdiam diri dirumah dan bermain gawai maupun permainan yang bersifat modern dibandingkan bermain permainan fisik yang banyak mengeluarkan tenaga seperti permainan tradisional. Akibatnya permainan yang bersifat tradisional mulai terkikis oleh adanya permainan yang bersifat modern seperti permainan online, pop-it, lego dan sebagainya. Akibatnya anak zaman sekarang tidak mengenal tentang permainan tradisional. Selain itu juga dapat menyebabkan punahnya salah satu warisan budaya Indonesia. Sehingga perkembangan motorik kasar dan pengenalan akan permainan tradisional perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan juga hasil dari implementasi permainan tradisional engklek dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Pertiwi Bae 2. Da-lam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Yaitu semua data yang telah terkumpul dari lapangan berbentuk narasi. Yang menjadi subyek pada penelitian ini yaitu meliputi satu kepala sekolah, 1 guru kelas, 2 wali murid, serta 28 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan cara triangulasi waktu, sumber, dan teknik. Sedangkan analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional engklek dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Pertiwi Bae 2 terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Perencanaan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan juga menyiapkan media pembelajaran. Pelaksanaan permainan tradisional engklek sebagai kegiatan pembelajaran yaitu selama satu minggu sekali setiap hari Kamis pukul 07.00-09.30 WIB, dan telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Hasil pelaksanaan implementasi permainan tradisional engklek pada setiap minggunya anak-anak mengalami peningkatan kualitas gerak motorik kasar seperti beraktivitas dengan tangkas dan bertenaga, memiliki ketahanan otot kaki, mampu gerak berpindah pindah secara cepat, mempertahankan tubuh dalam berbagai macam posisi, dan dapat mengkoordinasikan mata, kaki, tangan dan kepala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Permainan Engklek, Perkembangan Motorik Kasar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:40
Last Modified: 05 Jun 2023 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item