Zuhaidah, Zuhaidah (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION (ADDIE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI NU TARSYIDUT THULLAB SINGOCANDI KOTA KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (956kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (966kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (961kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (954kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Model desain pembelajaran addie di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus (2) Prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus (3) Pengaruh model desain pembelajaran addie terhadap prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas VI di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus, dengan jumlah populasi 25 orang. Penelitian ini penulis menggunakan angket dan data yang didapat dari pengumpulan dokumentasi untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakan model desain pembelajaran addie yang diperoleh juga dari soal-soal pernyataan yang peneliti ajukan. Hasil korelasi pembelajaran fiqih dengan menggunakan model addie terhadap prestasi belajar siswa kelas V dari penelitian ini yaitu: (1) Nilai rata-rata model addie sebesar 71 yang masuk dalam interval 71-84 berkategori “Baik”. (2) Nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih 79,68 yang masuk dalam interval 78–87 juga berkategori “Baik”. (3) Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh Freg lebih besar dari Ftabel dengan taraf signifikansi 5% maupun 1% (174,59 > 4,28 > 7,88), maka Ha diterima atau Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model desain pembelajaran addie terhadap prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Hasil perhitungan rxy menyatakan korelasi kedua variabel sebesar 0,942 mempunyai tingkat korelasi “Sangat Kuat”. Berdasarkan nilai koefisisen determinasi pengaruh antara model desain pembelajaran addie terhadap prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus sebesar 88,36%. Sebagai sisanya 11,64% merupakan pengaruh variabel lain yang belum penulis teliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mata Pelajaran fiqih; Model Addie; Prestasi Belajar |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 May 2017 04:17 |
Last Modified: | 13 May 2017 04:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1020 |
Actions (login required)
View Item |