Pengembangan Minat Dan Bakat Siswa Di Bidang Seni Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Mi Nu Matholiul Huda Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Anam, Muhamad Khoirul (2023) Pengembangan Minat Dan Bakat Siswa Di Bidang Seni Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Mi Nu Matholiul Huda Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (743kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Minat dan Bakat Siswa di Bidang Seni Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI NU Matholiul Huda Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu pelaku, tempat dan kegiatan yang dilakukan di MI NU Matholiul Huda Hadipolo. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah dan pelatih ekstrakurikuler, dan sumber data sekunder dari siswa dan staff TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau pembuktian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Minat dan Bakat Siswa di Bidang Seni Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI NU Matholiul Huda Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus yaitu, 1) Proses pelaksanaan pengembangan minat dan bakat siswa di bidang seni melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI NU Matholiul Huda Hadipolo. Mengembangkan minat dan bakat siswa bertujuan agar seorang siswa dikemudian hari bisa bekerja dibidang yang diminatinya sesuai dengan kemampuan serta minat dan bakat yang dimilikinya. Sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuannya untuk belajar dan bekerja secara maksimal. Salah satu cara untuk mengembangkan minat dan bakat di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Pada proses pelaksanaan ekstrakurikuler di MI NU Matholiul Huda Hadipolo menggunakan tiga tahapan yakni melakukan perencanaan kegiataan ekstrakurikuler, pelaksaan kegiataan ekstrakurikuler yang meliputi latihan secara rutin, pemberian motivasi serta memberikan kesempatan lomba dan ikutserta dalam acara-acara, dan tahapan yang terakhir evaluasi kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya tolak ukur proses kegiatan selanjutnya, (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang seni melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI NU Matholiul Huda Hadipolo. Faktor pendukungnya yakni Pertama sarana dan prasarana. Kedua pelatih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing dan Ketiga adanya dukungan dari orang tua. (3) Faktor penghambat dan solusi. Faktor penghambat yaitu, Pertama keterbatasan waktu. Kedua siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, adanya kepentingan mendesak dari pelatih kegiatan ekstrakurikuler. Solusi dalam mengatasi hambatan yaitu, pertama, pihak madrasah memberikan latihan tambahan ketika ada event atau acara. Kedua, memberikan motivasi kepada siswa agar siswa memiliki fisik dan stamina serta mental yang kuat. Ketiga, latihan tetap berjalan meski tanpa pelatih dan diawasi oleh salah satu guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Minat, Bakat, Bidang Seni, Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:37
Last Modified: 19 Jun 2023 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item