Arif Chasannudin, Arif Chasannudin (2017) PENGELOLAAN EVALUASI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (7MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar sebagai sebuah program terkandung unsur penilaian (evaluation). Di pusat penilaian itulah terletak keputusan yang didasarkan atas nilai-nilai (values). Dalam proses penilaian dilakukan pembandingan antara informasi-informasi yang tersedia dengan kriteria-kriteria tertentu, untuk selanjutnya ditarik kesimpulan. Pengelolaan evaluasi pembelajaran yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016; upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016; dan pengelolaan evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Mathali'ul Falah Kajen Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016 menggunakan sistem catur wulan dengan kalender akademik Hijriyah. Evaluasi pembelajaran untuk kenaikan kelasdengan tes tertulis sumatif, ujian hafalan, dan penilaian kerajinan dan budi pekerti. Evaluasi pembelajaran untuk kelulusan dengan tes tertulis sumatif, tes baca kitab, al Qur’an dan Karya Tulis Arab serta penilaian kerajinan dan budi pekerti, tanpa mengikuti Ujian Nasional. Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mathali'ul Falah tahun ajaran 2015/2016 adalah dengan meningkatkan mutu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, mengembangkan kurikulum, meningkatkan sarana prasarana, proses pembelajaran dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran baik di bidang intrakurikuler dan ektrakurikuler. Pengelolaan evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016 adalah meliputi persiapan evaluasi, di mana instrumen evaluasi adalah buatan guru, dalam pelaksanaan evaluasi menerapkan sistem acak tempat duduk dan pengawasan ketat, dalam pengolahan, guru memakai standar penilaian dari lembaga. Tindak lanjut hasil evaluasi dilakukan oleh Direktur dan Pembantu Direktur dengan mengadakan rapat evaluasi dari prestasi belajar siswa dan tindakan yang diambil untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi; pembelajaran; mutu; pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 01:51 |
Last Modified: | 21 May 2017 01:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1036 |
Actions (login required)
View Item |