Pengembangan Etnovlog Multilungual Pembuatan Gula Jawa Sebagai Sumber Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Materi Dan Perubahannya

Ayu, Intan Pratama (2023) Pengembangan Etnovlog Multilungual Pembuatan Gula Jawa Sebagai Sumber Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Materi Dan Perubahannya. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam dianggap sulit oleh perserta didik sehingga memerlukan adanya inovasi baru untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan mudah dimengerti. Pengembangan etnovlog multilingual pembuatan gula jawa sebagai sumber belajar IPA pada materi klasifikasi materi dan perubahannya dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menjadikan siswa tidak hanya belajar tentang materi yang disajikan namun juga dapat belajar tentang budaya dan bahasa yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa vlog berbasis etnosains serta menguji kelayakan dan mengetahui respon peserta didik pada produk etnovlog multilingual pembuatan gula jawa sebagai sumber belajar IPA pada materi klasifikasi materi dan perubahannya. Penelitian ini merupakan Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap yaitu tahap potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli angket respon untuk kelayakan produk. Subjek uji coba dilakukan dengan 18 siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Hasil uji coba mendapatkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai dengan rata – rata 77.08 dengan kategori “Baik”, penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai dengan rata – rata 88,3 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian ahli media mendapatkan nilai dengan rata – rata 83,33 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan respon peserta didik diperoleh nilai denga rata – rata 82,5 dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Vlog, Etnosains, Multilingual, Gula Jawa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:23
Last Modified: 21 Jun 2023 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item