Pemberdayaan Perempuan Melalui Kewirausahaan UD Karomah dalam Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga di Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Muayyadah, Hikmatul (2023) Pemberdayaan Perempuan Melalui Kewirausahaan UD Karomah dalam Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga di Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Peran perempuan di Indonesia memang beragam, tidak hanya sebagai ibu rumah tangga melainkan juga sebagai perempuan karir guna menunjang perekonomian keluarga. Praktik nyata perihal kesetaraan gender kini juga merambah di segala aspek termasuk dalam hal keluarga. Tidak hanya berpartisipasi sebagai perpanjangan kiprahnya dalam pekerjaan reproduksi, tetapi juga sebagai agar perempuan mampu memiliki peran yang poduktif. Hal ini dirasakan oleh para perempuan di Desa Sundoluhur, yang tergabung dalam karyawan Usaha Dagang (UD) Karomah. Usaha produksi kasur yang terletak di Desa Sundoluhur, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati adalah salah satu usaha yang cukup memiliki pengaruh dalam membantu perempuan meningkatkan ekonomi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pemberdayaan yang dilakukan UD Karomah dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 2) Hasil Pemberdayaan yang dilakukan UD Karomah dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Sundoluhur, Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat yang dihadapi UD Karomah dalam dilakukan UD Karomah dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui usaha produksi kasur. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini peneliti secara langsung menggali informasi di lokasi penelitian yaitu UD Karomah Sundoluhur, Kayen, Pati. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi berupa catatan dan foto-foto data terkait yang kemudian disajikan dalam pembahasan penelitian dengan bentuk naratif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada beberapa hal yang dilakukan UD Karomah terhadap para perempuan di Sundoluhur yakni memberi wadah kemandirian ekonomi, sosialisasi dan pelatihan kepada para perempuan yang bergabung di UD Karomah. 2) pemberdayaan perempuan di UD Karomah menghasilkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, peningkatan strata sosial dan ekonomi keluarga dengan produk hasil tangan perempuan Sundoluhur diantaranya bantal guling, sprei, kasur lantai dan kasur busa. 3) Faktor pendukung adalah adanya motivasi perempuan, dukungan keluarga serta dukungan pemerintah yang membuat perempuan semakin antusias menjalankan usaha bersama. Faktor-faktor penghambat adalah kurangnya modal uang dan bahan baku, serta permintaan pasar yang masih tergantung di wilayah Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyoningsih, SetyoningsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Perempuan, Perekonomian
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:22
Last Modified: 22 Jun 2023 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item