Analisis Pemahaman dan Kesadaran Masyarakat dalam Membayarkan Zakat Perniagaan Hasil Usaha Batu-Bata (Studi pada Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan)

Wulandari, Dyah Weni (2023) Analisis Pemahaman dan Kesadaran Masyarakat dalam Membayarkan Zakat Perniagaan Hasil Usaha Batu-Bata (Studi pada Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (913kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (686kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Zakat adalah salah satu bentuk penyucian jiwa dari sifat kikir, cinta harta, dan menghindarkan insan dari kesyirikan. Dari aspek sosial, zakat bertujuan untuk menormalkan kondisi sosial masyarakat. Zakat merupakan kewajiban spiritual bagi umat Islam yang memiliki makna yang sangat fundamental dan erat kaitannya dengan aspek ketuhanan serta aspek keadilan. Namun pada kenyataannya masyarakat masih belum memahami dan sadar akan pentingnya membayarkan zakat khususnya zakat perniagaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam membayarkan zakat perniagaan hasil usaha batu-bata, upaya untuk peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam membayarkan zakat perniagaan hasil usaha batu-bata, dan peran tokoh agama dalam memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat membayarkan zakat perniagaan hasil usaha batu-bata di Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Hubarman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam membayarkan zakat perniagaan diketahui bahwa mayoritas pedagang belum memahami mengenai zakat perniagaan atau bisa dikatakan tingkat pemahamannya masih rendah. Pada umumnya para pedagang menyamakan zakat perniagaan dengan sedekah. Adapun secara umum faktor yang mempengaruhi pemahaman dan kesadaran masyarakat tersebut adalah rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai zakat perniagaan batu-bata. (2) Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat sudah pernah dilakukan tokoh agama melalui pembinaan-pembinaan kegiatan keagamaan yaitu pembinaan melalui Kelembagaan Majelis Ta’lim dan pembinaan melalui khutbah jumat serta ceramah di bulan Ramadhan, namun upaya tersebut kurang optimal karena kurang adanya dukungan lebih lanjut dari lembaga zakat yang terjun langsung ke Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan. (3) Peran tokoh agama sangat penting, sebagaimana diketahui bahwa peran dan tugas tokoh agama di Desa Karangsari telah berjalan dengan baik, hanya saja pemahaman tokoh agama mengenai zakat perniagaan masih minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman dan Kesadaran masyarakat, Zakat Perniagaan.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:07
Last Modified: 23 Jun 2023 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item View Item