Implementasi Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Batangan Pati

Aulia, Dinda Nur (2023) Implementasi Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Batangan Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB)

Abstract

Di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati guru menerapkan metode bercerita yang diaggap dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Terdapat 11 dari 13 anak yang sudah mencapai perkembangan kognitif pada tingkat usianya. Sedangkan 2 anak belum mampu mencapai perkembangan yang ditandai dengan anak sulit fokus, tidak mampu duduk diam dengan tenang, sulit mengikuti instruksi sederhana dan kemampuan mengingat yang lemah. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tentang kemampuan kognitif anak usia dini di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. 2) untuk mengetahui tentang implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data dengan cara mengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan kognitif anak usia dini di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong sudah mencakup kriteria dalam standar perkembangan sesuai tahapan usianya. 2) metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Melalui metode bercerita anak mampu memahami alur cerita yang dihubungkan dengan kemampuan kognitif anak yaitu dapat memecahkan masalah, dapat berfikir logis, dapat mengenal lingkungan sekitarnya, dapat berfikir simbolik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Bercerita, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:13
Last Modified: 23 Jun 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item