Analisis Pendayagunaan Dana Zakat Infak dan Shadaqah Melalui Program Rembang Makmur Untuk Bantuan Modal Usaha Mustahik di BAZNAS Kabupaten Rembang Tahun 2019-2022

Hidayana, Naily (2023) Analisis Pendayagunaan Dana Zakat Infak dan Shadaqah Melalui Program Rembang Makmur Untuk Bantuan Modal Usaha Mustahik di BAZNAS Kabupaten Rembang Tahun 2019-2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (272kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bentuk pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mustahik dengan memberikan bantuan modal usaha mustahik di BAZNAS Kabupaten Rembang, faktor pendukung dan penghambat pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah dalam memberikan bantuan modal usaha kepada mustahik dan solusi alternatif menghadapi kendala dalam pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah dalam memberikan bantuan modal usaha mustahik di BAZNAS Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau bisa disebut file research. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, Pertama, pendayagunaan dana ZIS Pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah untuk program bantuan modal usaha mustahik di BAZNAS Kabupaten Rembang berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen dengan terealisasikan dalam program-program pendayagunaan yaitu: Rembang Cerdas, Rembang Peduli, Rembang Sehat, Rembang Makmur, dan Rembang Taqwa. Lima program tersebut mencakup kedalam bidang pendidikan, bidang kemanusiaan, bidang kesehatan, bidang ekonomi, dan bidang keagamaan. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah untuk bantuan modal usaha mustahik, yaitu: Pengumpulan dana ZIS yang meningkat, Adanya dukungan dari pihak pemerinah dan masyarakat, Kerjasama yang baik dari pihak BAZNAS dengan UPZ, KUA, dan lainnya dalam pengumpulan dana ZIS, pendistribusian, dan pendayagunaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya jumlah penghimpunan dana ZIS yang dialokasikan, kurangnya kesadaran masyarakat dan ASN di Rembang untuk membayar zakat, Kurangnya jumlah SDM, dan Kurangnya pendampingan bagi mustahik. Ketiga, Solusi Alternatif dalam penghambat pendayagunaan dana ZIS untuk bantuan modal usaha mustahik, yaitu: Menciptakan koordinasi yang baik dari BAZNAS dan mustahik, Sosialisasi kepada Masyarakat, meningkatkan SDM, dan melakukan pendampingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan, ZIS, Modal Usaha, BAZNAS Rembang.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:16
Last Modified: 23 Jun 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item