Efektivitas Aplikasi E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam (Studi pada MTs N 1 Demak)

MUSYAFFA’, MUHAMMAD (2023) Efektivitas Aplikasi E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam (Studi pada MTs N 1 Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas penggunaan aplikasi e-learning saat pandemi Covid-19 pada materi pendidikan agama Islam di MTs N 1 Demak, 2) Hasil belajar peserta didik kelas VII saat pandemi Covid-19 pada materi pendidikan agama Islam, dan 3) Apakah terdapat korelasi positif antara penggunaan aplikasi e-learning saat pandemi Covid-19 dengan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pendidikan agama Islam di MTs N 1 Demak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi sederhana Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs N 1 pada tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah keseluruhan populasi sebanyak 290 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 168 peserta didik. Beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Penyebaran instrument angket kepada sampel dilakukan secara online melalui google form. Ada 20 butir pertanyaan angket yang disusun berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus cronbach alfa sedangkan uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus cronbach alfa. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan aplikasi e-learning saat pandemi Covid-19 (X) dan hasil belajar materi pendidikan agama Islam (Y). Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis secara statistik menggunakan bantuan program SPSS windows release 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas penggunaan aplikasi e-learning peserta didik kelas VII saat pandemi Covid-19 di MTs N 1 Demak berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 71,75%. 2) Hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs N 1 Demak pandemi Covid-19 pada materi pendidikan agama Islam berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai hasil belajar materi pendidikan agama Islam peserta didik sebesar 83,1% 3) Terdapat korelasi positif antara penggunaan aplikasi e-learning saat pandemi Covid-19 dengan hasil belajar materi pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII di MTs N 1 Demak dengan persamaan regresi linear sederhana Y’ = 80,165+0,041X yang menunjukkan koefisien regresi bernilai positif dan koefisien determinasi (Rsquar) nilai sig. (2-tailed) pada taraf kesalahan 5% sebesar 0,060 atau 6% serta nilai Fhitung = 10.609 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan melalui uji T dengan nilai uji T dengan nilai thitung 3.257 > ttabel 1.974.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:29
Last Modified: 23 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item