Creative Box Sebagai Proyek Dalam Project Based Learning (PjBL) Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA

Muhammad, Hafidzi Nur (2023) Creative Box Sebagai Proyek Dalam Project Based Learning (PjBL) Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (412kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguak fakta perihal pengaruh pembelajaran berlandaskan proyek pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk mempertinggi kemampuan berpikir kreatif menggunakan Creative Box. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan Pretest dan Posttest Control Grup Design. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 4 Blora yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik yang digunakan yaitu observasi, test (pretest-posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji inormalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji Independent T-Test dan Uji Paired Sample T-Test). Keterlaksanaan pembelajaran project based learning dapat terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Melalui Creative Box dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan diperoleh perbedaan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000, jika nilai yang diperoleh kurang dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif melalui Creative Box dalam pembelajaran berbasis Pj BL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudhi, Henry SetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PjBL, Kemampuan Berpikir Kreatif, Creative Box
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:22
Last Modified: 27 Jun 2023 01:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item