Analisis Prospek dan Strategi Pengembangan Halal Tourism Melalui Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah di Kabupaten Demak

Khoirunnisa, Siti (2023) Analisis Prospek dan Strategi Pengembangan Halal Tourism Melalui Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah di Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya potensi pariwisata halal dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Demak, namun dalam penerepannya potensi-potensi tersebut masih belum bisa dikelola secara optimal, padahal sektor pariwisata sangat perpotensi dalam peningkatan ekonomi daerah di Kabupaten Demak. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk menganalisis prospek halal tourism dan strategi pengembangan pariwisata Kabupaten Demak melalui kearifan lokal yang ada yang mana dapat menjadi suatu keunggulan khusunya dalam upaya peningkatan ekonomi bagi Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis Prospek Halal Tourism di Kabupaten Demak, (2) Untuk menganalisis Strategi Pengembangan Halal Tourism Melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Demak, dan (3) Untuk menganalisis Kontribusi Halal Tourism dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan pengumpulan data baik dari data BPS maupun website Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Kemudian data dari interview dengan pihak-pihak pariwisata seperti Dinas Pariwisata, pengelola objek wisata, pengunjung objek wisata dan penjual di objek wisata. Penulis juga mendapatkan data dari observasi yang dilakukan di beberapa objek wisata halal di Kabupaten Demak seperti Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga dan wisata Istambul. Selain itu data juga didapat dari dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1). Kabupaten Demak memiliki prospek pariwisata halal yang cukup baik mulai dari wisata religi, wisata alam, Wisata Budaya dan heritage, wisata kuliner dan wisata edukasi. Ditambah dengan branding “Demak Kota Wali” menjadikan para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Demak. (2). Dari analisis SWOT yang dilakukan, dapat diketahui: Strenght, objek wisata Kabupaten Demak memiliki kearifan lokal yang beragam yang dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata halal dan terus dilestarikan eksistensinya sampai sekarang. Weakness, masyarakat masih belum paham mengenai pariwisata halal dan permasalahan akses jalan. Opportunity, kearifan lokal yang ada di Kabupaten Demak selalu diselingi dengan kegiatan keagamaan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga permintaan terhadap pariwisata halal juga meningkat. Threat, faktor alam berupa terjadinya rob dan belum optimalnya kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Demak dengan dunia usaha pariwisata dan masyarakat di lingkungan objek wisata. (3). Sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah di Kabupaten Demak. Di mana pada tahun 2020 total pendapatan sektor pariwisata sebesar Rp. 576.965.000, dan pada tahun 2021 meningkat sebesar 77,51% menjadi Rp. 1.024.198.500.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahma, Nabila LutvitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Halal Tourism, Kearifan Lokal, Ekonomi Daerah
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:39
Last Modified: 27 Jun 2023 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item View Item