Analisis Pendistribusian zakat Infak Dan Sedekah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Blora)

Mutmainah, Nur (2023) Analisis Pendistribusian zakat Infak Dan Sedekah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Blora). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bentuk pendistribusian zakat infak sedekah sebagai upaya pengentasan kemiskinan, kendala dan solusi yang dilakukan BAZNAS blora pada pendistribusian zakat infak dan sedekah untuk mengentaskan kemiskinan di kabupaten blora. Pengalokasian dana tersebut harus tepat pada sasaran dan harus dapat dipertanggung jawabkan. Penelitiannya memakai tipe penelitian lapangan atau field research, yakni studi yang dilakukan untuk mendapatkan data maklumat secara langsung dengan mendatangi para narasumber. Pendekatan kualitatif bisa dilihat selaku prosedur studi yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau lisan yang bersumber dari seseorang dan perilaku yang bisa diamati.adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: pertama dalam kegiatan pendistribusian zakat, infak dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Blora dikhususkan bagi masyarakat yang belum menerima bantuan dari pemerintah dinas ataupun instansi terkait. Dalam mengalokasikan dana ZIS, BAZNAS Kabupaten Blora bekerjasama dengan pemerintah desa agar tidak terjadi kekeliruan dalam mentasarufkan dana ZIS. BAZNAS Kabupaten Blora juga memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang akan menentukan apakah layak untuk diberikan bantuan atau tidak. Kedua secara garis besar kendala yang dihadapi BAZNAS Kabupaten Blora ialah kurangnya komunikasi antara masyarakat dengan BAZNAS Kabupaten Blora sehingga masyarakat kurang mengetahui bagaimana prosedur dalam mengajukan permohonan, kurangnya keahlian masyarakat dalam mengolah usaha. ketiga Solusi dari BAZNAS Kabupaten Blora terhadap semua kendala yang dialami yakni, memberikan penyuluhan pada masyarakat bagaimana proses dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mustahik, memberikan pelatihan cara mengelola dan mengembangkan usaha mustahik dari bantuan modal usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, Dana ZIS, Kemiskinan, BAZNAS BLORA
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:48
Last Modified: 27 Jun 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item View Item