Choirum, Siti (2023) Penerapan Pendidikan Informal di Keluarga Muslim K.H. Maimoen Zubair. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Bagian Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Abstrak.pdf Download (161kB) |
|
Text
2. Daftar Isi.pdf Download (63kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (281kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (535kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Download (136kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan informal di keluarga muslim. Permasalahannya adalah pendidikan informal (keluarga) jarang mendapatkan perhatian dalam proses pendidikan di tengah masyarakat dan kurang dianggap penting. Akan tetapi lain halnya dengan K.H. Maimoen Zubair yang memiliki pandangan bahwa pendidikan informal (keluarga) adalah peletak dasar pendidikan secara umum. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penerapan pendidikan informal yang di terapkan di dalam keluarga K.H. Maimoen Zubair. Penelitian ini dapat menjadi referensi untuk keluarga muslim dalam membangun pendidikan keluarga semenjak awal perkembangan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sebagai sebuah penelitian yang mencoba menjelaskan atau mengungkap penerapan pendidikan informal di keluarga muslim K.H. Maimoen Zubair. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif yaitu: pengumpulan data, reduksi data (data reduction), yaitu dengan memilih hal-hal pokok dan penting selama penelitian seperti, penyajian data (data display), yaitu uraian singkat tentang penerapan pendidikan informal di keluarga muslim K.H. Maimoen Zubair dalam bentuk bagan, lalu kesimpulan (verification). Hasil penelitian pertama ini Penerapan pendidikan informal yang diterapkan di keluarga K.H. Maimoen Zubair mengacu pada konsep pendidikan Islam yaitu adanya pendidik, peserta didik dari keluarga sendiri, metode pembelajaran yang relevan, dan media pembelajaran yang diesuaikan dengan kultur keluarga. Hasil penelitian kedua Relevansi implementasi pendidikan informal yang diterapkan K.H. Maimoen Zubair dengan pendidikan modern (formal), konsepnya menggunakan pendidikan Islam dengan pendidikan modern (formal) menempatkan anak sebagai subjek pembelajar, orang tua sebagai fasilitator dengan metode belajar yang sesuai dengan keluarga dan membiasakan anak-anak untuk memiliki jiwa pembelajar (learning). Secara garis besar penerapan pendidikan informal pada keluarga K.H. Maimoen Zubair merupakan pendidikan keluarga yang sebagian besar menggunakan konsep pendidikan islam secara sistem pendidikan informal yang diterapkan sangat relevan dengan pendidikan modern saat ini yang lebih banyak dalam tataran pendidikan formal. Implikasi hasil penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai rujukan dan referensi bagi keluarga muslim yang menginginkan pendidikan keluarga dan orang tua menjadi konsep pendidikan dasar. Dengan demikian terbangun paradigma yang kuat bahwa pendidikan bermulai dari keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Informal, K.H.Maimoen Zubair, Keluarga Muslim | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2023 01:59 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10420 |
Actions (login required)
View Item |