Kegiatan Ekstrakulikuler Musyafahah Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an di MA NU AL-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus

Firdausiyah, Siti (2023) Kegiatan Ekstrakulikuler Musyafahah Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an di MA NU AL-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (545kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (803kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (581kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB)

Abstract

Pengetahuan tentang tata cara membaca al-Qur’an adalah pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Di MA NU AL-Hidayah masih ditemui beberapa kesalahan peserta didik dalam menerapkan makhrijul huruf, tajwid dan ghorib saat membaca al-Qur’an khususnya siswa yang tidak mondok yang kemungkunan besar kurangnya pengawasan dari guru atau uztadh/uztadzah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kondisi esktrakulikuler musyafahah di MA NU Al- Hidayah Getassrabi Gebog Kudu; 2) mengetahui kondisi keterampilan membaca al-Qur’an siswa di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus; 3) dampak esktrakulikuler musyafahah dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Data-data diperoleh dari dua sumber yakni sumber data primer terdiri dari kepala sekolah, guru pengampu, siswa-siwi.Kemudian data sekunder berupa arsip data dan dokumentasi esktrakulikuler musyafahah di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Hasil peneltian dilapangan ditemukan beberapa hal: 1) kondisi awal kegiatan ekstrakulikuler musyafahah didirikan kurang lebih hampir sama dengan berdirinya Madrasah Aliyah. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa baik yang mondok maupun tidak, dan diampu oleh guru yang paham al-Qur’an baik dari cara membacanya, maknanya serta nahwunya. Esktrakulikuler musyafahah tetap berjalan sampai sekarang dengan hasil dari dulu sampai saat ini kegiatan musyafahah memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan baca al-Qur’an siswa.Pelaksanaanya dilakukan di masjid secara bersamaan, ahap-tahap saat pelaksanaan musyafahah dimulai dengan siswabersama-sama membaca al-Qur’an, kemudian guru menyimak sembari membenarkan bacaan siswa yang salah dengan harapan siswa dapat mengetahui letak kesalahanya; 2)kondisi keterampilan siswa dalam membaca al-Qur’an diketahui dari tingkatan yang telah peneliti buat dimulai daritingkatan 90-100 diperoleh 20 siswa dengan kriteria sangat terampil danlancar membaca al-Qur’an, paham tajwid dan mampu menerapkannya serta bisa mengoreksi bacaannya. Tingkatan 80-89 memperoleh 7 siswa dengan kriteria kemampuan membaca al-Qur’an terampil dan lancar, paham tajwid tapi belum bisa mengoreksi kesalahannya sendiri.tingkatan 70-79 terdapat 3 siswa dengan kriteria cukup terampil dalam membaca al-Qur’an tetapi masih kurang lancar, beberapa kali masih ada kesalahan, mengetahui ilmu tajwid tapi belum bisa menerapkannya.3) esktrakulikuler musyafahah di MA NU Al-Hidayah memiliki dampakpositif terhadap siswa, seperti bacaan siswa lebih lancar, tartil dalam membaca al-Qur’an dan bagi siswa yang sudah memiliki keterampilan terbiasa membaca dengan fasih, cepat dan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Keterampilan, Membaca al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:57
Last Modified: 03 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item View Item