Studi Eksperimen Pembuktian Sifat-Sifat Cahaya Melalui Media Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Cahaya pada Kelas IV MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara

Nisak, Rizqi Khoirun (2023) Studi Eksperimen Pembuktian Sifat-Sifat Cahaya Melalui Media Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Cahaya pada Kelas IV MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan media sederhana pada materi sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. 2) Untuk mengetahui pengaruh media sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan media sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif melalui observasi dan pengamatan di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan prasyarat uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Selanjutnya peneliti menganalisis menggunakan uji T dan uji N-Gain (peningkatan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran menggunakan media sederhana berjalan dengan kondusif dan siswa dapat memperoleh nilai rata-rata 81,25. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media sederhana pada materi sifat-sifat cahaya di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,260 > 2,024, maka dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh media sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat cahaya. 3) Penerapan media sederhana dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat cahaya. Hasil dari penerapan media sederhana mengalami peningkatan sebesar 0,593 dengan nilai rata-rata 81,25. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media sederhana dalam pembelajaran di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara berhasil meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulton, SultonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sederhana, Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:59
Last Modified: 04 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10448

Actions (login required)

View Item View Item