Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin Melalui STP2K Di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus

Ghoffar, Abdul (2023) Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin Melalui STP2K Di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, yang meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi pendidikan disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu pelaku, tempat dan kegiatan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah dan waka kesiswaan, dan sumber data sekunder dari guru PAI, guru BK dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pengajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin Melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus yaitu, pendayagunaan sumber daya sekolah untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik agar supaya tercipta kehidupan yang harmonis baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat serta dapat menjadi pribadi yang berkarakter. Sehingga peserta didik mampu menghadapi masalah-masalah yang ada setelah lulus sekolah dengan berbekal ilmu dan karakter yang telah didapatkan di sekolah. Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin Melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus meliputi: Perencanaan pendidikan karakter disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo tediri ari; a) tujuan pendidikan karakter disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo yaitu supaya tercipta kehidupan yang harmonis baik dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat serta dapat menjadi pribadi yang berkarakter, b) Program-program pendidikan karakter disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo yaitu meliputi menyambut kedatangan siswa, inspeksi kedisiplinan, penilaian rapor, dan pembuatan tata tertib sekolah, c) Penjadwalan pendidikan karakter disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo dilaksanakan dengan melakukan pengawasan dan pendampingan kepada peserta didik melalui kegiatan inspeksi kedisiplinan yang dilakukan 2 bulan sekali, penilaian rapor setiap 3 bulan sekali, dan pengawasan serta pendampingan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. d) Pendanaan hanya diperoleh dari dana BOS atau BOP. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melalui STP2K di SMA Negeri 1 Mejobo adalah pengawasan dan pendampingan siswa. 3) Evaluasi dilakukan dengan mengidentifikasi standar hasil kegiatan, standar kompetensi peserta didik, dan membandingkan antara standar dengan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Disiplin, Pendidikan Karakter, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:35
Last Modified: 04 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item