Pengaruh Persepsi Owner, Umur Usaha, dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Sukolilo)

Sholihah, Diah Ayu (2023) Pengaruh Persepsi Owner, Umur Usaha, dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Sukolilo). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Informasi akuntansi merupakan alat yang digunakan oleh pengguna informasi untuk pengambilan keputusan terutama oleh pelaku bisnis. Dimana informasi akuntansi diharapkan dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang bisa mengukur dan mengkomunikasikan informasi keuangan tentang kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi owner, umur usaha, dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukolilo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dari suatu fenomena dan mempelajari sejauh mana variabel-variabel pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dari pelaku UMKM di Kecamatan Sukolilo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 270 sampel dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi owner berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan nilai Sign. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,170 > 1,9689, umur usaha berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan nilai Sign. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,854 > 1,9689. Pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan nilai Sign. nilai t hitung > t tabel yaitu 4,018 > 1,9689.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHusnurrosyidah, HusnurrosyidahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Owner, Umur Usaha, Pengetahuan Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Akuntansi
Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:31
Last Modified: 05 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item