PENGARUH KUALITAS LAYANAN SYARIAH, NILAI-NILAI ISLAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MASJID AGUNG DEMAK)

Saifudin, Saifudin (2017) PENGARUH KUALITAS LAYANAN SYARIAH, NILAI-NILAI ISLAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MASJID AGUNG DEMAK). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daya tarik wisata religi Indonesia merupakan anugerah yang dimiliki bangsa Indonesia, demikian keragaman budaya dengan potensi yang demikian sempurna. Pengembangan pariwisata religi dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan, maka dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi yang terencana dan sistematis agar kepuasan serta loyalitas pengunjung dapat terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner. Terdapat tiga variabel independen dalam penelitian ini yaitu (X1) kualitas layanan syariah, (X2) nilai-nilai Islam, dan (X3) citra destinasi. Variabel dependen (Y1) dalam penelitian ini adalah kepuasan pengunjung. Sedangkan variabel mediasi (Y2) adalah loyalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung atau peziarah wisata Masjid Agung Demak dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner sejumlah 167 kepada para responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM-PLS dengan bantuan program WarpPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas layanan syariah tidak berpengaruh terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,03 dan p=0,39 (2) nilai-nilai Islam berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,34 dan p<0,01 (3) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,38 dan p<0,01 (4) Kualitas layanan syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,16 dan p=0,1 (5) nilai-nilai Islam tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,12 dan p=0,07 (6) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien ß=0,64 dan p<0,01 (7) kepuasan pengunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan koefisien ß=0,24 dan p<0,01 (8) kepuasan pengunjung tidak memediasi hubungan antara kualitas layanan syariah dan loyalitas ditunjukkan pada model direct dan indirect tidak signifikan p=0,39 dan p=0,47 (9) kepuasan pengunjung tidak memediasi hubungan antara nilai-nilai Islam dan loyalitas ditunjukkan pada model direct dan indirect koefisien naik dari ß=0,34 menjadi ß=0,35 (10) kepuasan pengunjung memediasi sebagian hubungan antara citra destinasi dan loyalitas dengan koefisien turun dari ß=0,38 menjadi ß=0,26 serta tetap signifikan p<0,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan syariah; nilai-nilai Islam; citra destinasi; kepuasan pengunjung; loyalitas
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 04:14
Last Modified: 21 May 2017 04:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item