Implementasi Metode Muraja’ah dan Tasmi’ dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus

Walidiya, Lin (2023) Implementasi Metode Muraja’ah dan Tasmi’ dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam proses implementasi metode muraja’ah dan tasmi’ dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Adapun untuk mengetahui langkah-langkah implementasi metode muraja’ah dan tasmi’ di Pondok Pesantren An-Nasuchiyyah, maka peneliti merumuskan masalah utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini, yaitu 1). Bagaimana implementasi metode muraja’ah dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah Kudus, 2). Bagaimana implementasi metode tasmi’ dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus, 3). Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat metode muraja’ah dan tasmi’ dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, sedangkan fokus penelitiannya terdapat pada pelaku, tempat, dan kegiatan yang dilaksanakan di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Data primer diperoleh peneliti secara langsung dari sumber data, yaitu pengasuh, pembimbing tahfidz/ustadzah, dan santri. Data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dengan mengumpulkan berbagai sumber dari dokumen-dokumen yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian terdapat teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode muraja’ah di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus sudah cukup baik dan sesuai dengan tujuan dari metode muraja’ah. Dalam pelaksanaan muraja’ah ada tiga kegiatan muraja’ah, yaitu muraja’ah hafalan lama kepada teman, muraja’ah hafalan lama kepada ustadzah, dan tes muraja’ah hafalan 1 juz. 2). Sedangkan iImplementasi metode tasmi’ di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus juga sudah cukup baik dan sesuai dengan tujuan dari metode tasmi’. Dalam metode tasmi’ ada dua tahapan, yaitu tahap persiapan dan tahap implementasi/pelaksanaan. 3). Adapun faktor pendukung metode muraja’ah dan tasmi’ adalah kesehatan, motivasi, kecerdasan, serta tempat dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat metode muraja’ah dan tasmi’ adalah sulitnya membagi waktu, kemalasan, kurang menyadari manfaat metode muraja’ah dan tasmi’, serta kurang bersungguh-sungguh. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa implementasi metode muraja’ah dan tasmi’ di PPTQ An-Nasuchiyyah terlaksana dengan baik dan kemampuan menghafal al-Qur’an santri dapat meningkat sesuai tujuan metode muraja’ah dan tasmi’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Muraja’ah, Metode Tasmi’, Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:20
Last Modified: 06 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10470

Actions (login required)

View Item View Item