Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Seni Tilawah Al-Qur’an di MTs NU Raudlatus Shibyan

Saifuddin, Muhammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Seni Tilawah Al-Qur’an di MTs NU Raudlatus Shibyan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (898kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (907kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)

Abstract

Dewasa ini banyak ditemui peserta didik atau lulusan sekolah yang sangat cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan namun dalam bidang karakter masih kurang baik. Oleh sebab itu untuk memperbaiki hal tersebut dibutuhkan peran keluarga serta peran madrasah. Upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler agar peserta didik mempunyai kegiatan yang positif. MTs NU Raudlatus Shibyan salah satunya yang menerapkan penananman nilai-nilai karakter kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur’an. Ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur’an merupakan kesenian islami sebagai wadah mengasah bakat dan minat peserta didik, serta diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkepribadian islami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan atau field research. Di kolaborasikan dengan pendekatan kualitatif di MTs NU Raudlatus Shibyan. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina ekstrakurikuler, serta peserta didik MTs NU Raudlatus Shibyan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pengembangan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur’an di MTs NU Raudlatus Shibyan dimulai dari pemahaman terhadap sesuatu yang baik. Kemudian, yang kedua adalah melaksanakan terhadap sesuatu yang baik. Terakhir adalah mencintai atau menyukai melaksanakan sesuatu yang baik. (2) Adapun nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur’an antara lain, religius, tanggung jawab, disiplin, peduli, jujur, percaya diri, toleransi, kreatif, komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, Riza ZahriyalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Seni Tilawah Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:32
Last Modified: 06 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10478

Actions (login required)

View Item View Item