Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara

Fitriyani, Vivi (2023) Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (393kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang (1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak usia dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara. (2) Bagaimana keberhasilan metode pembiasaan terhadap kemampuan hafalan anak. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observsi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data menggunakan teknik analisis model interaktif menurut Miles dan Huberman yang dilakukan dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi tentang Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara yaitu: (1) Implementasi metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Bawu Batealit Jepara meliputi: kegiatan sebelum masuk kelas, kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang berisi evaluasi. Proses metode pembiasaan dalam menghafal surah pendek dilakukan setiap hari pada pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran secara tidak terprogram dan dilaksanakan secara rutin yaitu pembiasaan yang dilakukan terjadwal. pada pukul 07.45 sampai pukul 08.00 adalah melakukan kegiatan hafalan surah pendek setiap pagi hari atau biasa disebut dengan tadarus surah pendek seperti, surah Al-Fatihah, an-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Maun, Al-Fiil, dengan menggunakan metode Jama’. (2) Keberhasilan penggunaan metode pembiasaan dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak yaitu anak mampu menirukan dan menghafalkan surah pendek dengan tepat. Hasil dari penilaian menunjukkan anak kelas B1 dan B2 mengalami peningkatan dalam menghafalkan surah pendek dan memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH). (3) adapun faktor pendukung yaitu anak yang sudah sekolah di TPQ dengan mudah menghafal surah pendek, kondisi nyaman yang dirasakan anak maupun guru, keterampilan guru dalam mengajak anak untuk melafalkan surah pendek serta adanya kerja sama guru dengan wali murid. Sedangkan faktor penghambat yaitu anak yang memiliki karakteristik berbeda, anak kurang disiplin dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Pembiasaan, Hafalan surah Pendek, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:59
Last Modified: 07 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item