Studi Pengelolaan Dana Desa Troso Pecangaan Jepara tahun 2021 Terhadap kesejahteraan Masyarakat dalam pandangan Politik Islam

Jalal, Akbarudin (2023) Studi Pengelolaan Dana Desa Troso Pecangaan Jepara tahun 2021 Terhadap kesejahteraan Masyarakat dalam pandangan Politik Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Troso Kecamata Pecangaan Kabupaten jepara terhadap kesejahteraan masyarakat. 2) untuk mengetahui pandangan politik Islam terhadap pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam kesejahteraan masyarakat di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis kategori studi kasus (case study), pengumpulan data literatur dan studi lapangan (field research), dimana metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. subjek penelitian ini terdiri dari Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dan masyarakat Desa Troso Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini cara pengambilan data lapangan peneliti menggunakan teknik purposive sampling, jumlah informan penelitian ini ada 4 orang terdiri dari kepala desa, ketua badan permusyawaratan daerah, sekretaris desa dan juga tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berhasil mendapatkan data temuan, berupa pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) terhadap kesejahteraan di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara meliputi tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pertanggung jawaban. 2) Politik Islam memandang bahwa pengelolaan dalam tahapan perencanaan dilakukan dengan bermusyawarah, serta tahap pelaksanaan yang dititipkan atau dipercayakan kepada pemerintah desa dalam hal pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan nilai nilai islam seperti amanah, adil dan bijkasana dan dalam hal pemberdayaan masyarakat dibuktikan dengan pendiriaan (BUMDes) Badan Usaha Milik Desa dan kegiatan karang Taruna serta tahap terakhir adalah tanggung jawab dalam tahap ini pemerintaah desa sudah menggunakan prinsip dalam islam yaitu Islam (hablum-minallah) tanggung jawab kepada Allah, tanggung jawab manusia kepada orang lain (hablum-minannas), dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan dimana penyusunan laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) disusun oleh pemerintah desa dengan adanya transparansi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui tugas mereka sebagai tim evaluasi dari setiap kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiadi, OziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADD, Kesejahteraan Masyarakat, Politik Islam
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Politik Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:17
Last Modified: 07 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item