Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Nu Tarbiyatuth Thullab Payaman Kudus Tahun 2022/2023

ULIRRIZQIYAH, ULIRRIZQIYAH (2023) Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Nu Tarbiyatuth Thullab Payaman Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan termasuk pendidikan agam Islam merupakan suatu tolak ukur kemajuan sekolah. Untuk mencapai keberhsilan suatu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI NU Tarbiytuth Thullab Payaman Mejobo Kudus, semua aspek yang terkait dalam pembelajaran itu sangat berperan dalam keberhasilan tersebut. Pertama, melihat dari masukan peserta didik itu sendiri. Kedua, dilihat dari segi beberapa aspek yang meliputi dari kualitas pendidiknya, sarana prasarananya dan sebagainya. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI NU Tarbiyatuth thullab Payaman Mejobo Kudus ini menggunakan metode yang variatif, yakni metode ceramah, tanyajawab, diskusi, demonstrasi dan drill. Kesemua metode tersebut dijalankan sesuai dengan materi dan tujuan yang diharapkan. Dari segi kurikulum, pendidikan agama Islam menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan kontekstual yang mengedepankan siswa terhadap suatu kajian fakta atau peristiwa yang terjadi. Untuk melihat keberhasilan pembelajaran tersebut dapat dikatakan baik, dapat dilihat dari dua aspek: 1) aspek mengajar guru: sejauh mana kegiatan belajar mengajar yang direncanakan terlaksana oleh guru. 2) aspek belajar murid: sejauh mana tujuan pelajaran yang diinginkan tercapai melalui kegiatan pembelajaran dan murid mampu menyerap atau memahami materi tersebut. Sementara aspek metode merupakan aspek yang membantu guru dalam menyampaikan materi dan aspek media dan sarana pembelajaran sebagai alat bantu untuk membantu guru dalam mengajar pada anak. Dalam suatu pembelajaran, pasti selalu ditemukan beberapa kendala dalam proses kegiatan belajar mengajar, antara lain faktor intelegensi, perbedaan bakat, minat, sikap dan motivasi siswa. Akan tetapi dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam yang berlangsung ditemukan sebuah kendala dari unsur pendidiknya mengenai pembuatan media yang dapat mempermudah pembelajaran Pendidikan agama Islam. Disini guru masih kurang kreatif dalam pembuatan media, sehingga ketika guru mengajar lebih menekankan pada metode-metode yang telah terurai diatas tanpa adanya pembuatan media yang rutin digunakan sebagai suatu bentuk kreatifitas guru ketika mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNas, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aspek, Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:50
Last Modified: 11 Jul 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item View Item