Proses Pembelajaran Berbasis Online Pada ‎Mata ‎Pelajaran Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus

Erfani, Moh Hadi (2023) Proses Pembelajaran Berbasis Online Pada ‎Mata ‎Pelajaran Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (541kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (876kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis online pada ‎mata ‎pelajaran Qur’an Hadits kelas V di MI NU TBS Kudus, 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis online pada ‎mata ‎pelajaran Qur’an Hadits kelas V di MI NU TBS Kudus. 3) Evaluasi pembelajaran berbasis online pada ‎Mata ‎Pelajaran Qur’an Hadits kelas V di MI NU TBS Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pembelajaran berbasis online pada ‎mata ‎pelajaran Qur’an Hadits kelas V. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Qur’an Hadits diawali dengan penentuan materi yang akan disampaikan dan sesuai target. Perencanaan pembelajaran meliputi pemilihan guru, guru-guru diberikan surat tugas dan SK untuk menjelaskan tugasnya. Kalau guru Qur’an Hadits dipilihkan dari lulusan PAI karena beliau-beliau ini sudah terbiasa belajar dan mengajar di bidang PAI. Adapun jam pelajarannya hanya dua jam karena pelajaran Qur’an Hadits ini merupakan rumpun PAI. Rencana dalam pengajarannya yaitu ceramah, hafalan, membaca materi, dan latihan atau evaluasi. Untuk mengetahui materi dari Qur’an Hadits, peserta didik harus bisa membaca arab atau Al-Qur‘an. Karena Qur’an Hadits merupakan pembelajaran dengan memakai adanya ayat Qur’an atau hadits. (2) Pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits pada masa pandemi di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus dilaksanakan dengan sistem daring dengan memberikan materi melalui membuat video yang selanjutnya di upload ke channel Youtube atau melalui media WhatsApp. Guru juga menjelaskan meteri melalui rekaman ataupun pesan suara yang selanjutnya dikirim ke siswa melalui media WhatsApp. Selanjutnya siswa diminta diminta untuk membaca dan membuka buku yang dipelajari pada hari itu dengan memperhatikan video atau rekaman yang telah dikirimkan. Sedangkan sistem pembelajaran metode luring Pembelajaran di madrasah dilaksanakan dengan cara: dibagi 2 rombel pada tiap kelas. (3) Penilaian pembelajaran Qur’an Hadits pada masa pandemi di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus ini dilaksanakan dengan setoran hafalan, membaca, dan portofolio atau tugas. Selain itu penggunaan google form sebagai salah satu bentuk penilaian setiap satu pembahasan materi, ditambah evaluasi semester meliputi ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Hal ini dikarenakan Qur’an Hadits bagi peserta didik sebagai materi untuk mendalami kisah-kisah dalam al-Qur’an dan Hadits, dan juga mengikuti perilaku baik yang ada dalam materi pembelajaran Qur’an Hadits tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlya, UlyaUNSPECIFIED
Thesis advisorNikmah, AlfuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembelajaran online, Qur’an Hadits.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:16
Last Modified: 11 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item