Program Morning Spiritual Gathering (MSG) Untuk Penanaman Karakter Religius dan Kepemimpinan Siswa di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Kudus

Billah, Zahida Muhtadiya (2023) Program Morning Spiritual Gathering (MSG) Untuk Penanaman Karakter Religius dan Kepemimpinan Siswa di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (76kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (797kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) mengetahui pelaksanaan penanaman karakter religius dan kepemimpinan siswa di Madrasah Aliya NU Ibtidaul Falah Kudus, 2) mengetahui hasil pelaksanaan penanaman karakter religius dan kepemimpinan siswa di Madrasah Aliya NU Ibtidaul Falah Kudus, 3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penanaman karakter religius dan kepemimpinan siswa di Madrasah Aliyah Nu Ibtidaul Falah Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian dengan purposive sampling sehingga didapatkan informan kepala madrasah, Waka, guru, dan siswa kelas X-XII. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data. Setelah itu dilakukan uji analisis data yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan penanaman karakter religius dan kepemimpinan siswa di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Kudus melalui 3 (tiga) tahapan, yakni pertama melalui strategi pemahaman, guru menginformasikan tentang hakikat dan nilai-nilai kebaikan dari materi yang disampaikan, yang kedua strategi pembiasaan, dimana strategi ini digunakan agar siswa terbiasa mengikuti kegiatan yang sudah ditetapkan oleh madrasah, yang ketiga strategi keteladanan berupa masuk madrasah tepat waktu, ikut pembacaan asmaul husna, mengikuti upacara bendera dengan khidmat, menghoramati bapak dan ibu guru di madrasah untuk membentuk siswa menjadi disiplin terhadap berpakaian dan peraturan madrasah. 2) Hasil dari pelaksanaan penanaman karakter religius dan kepemimpinan siswa di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Kudus terbukti ada peningkatan dalam hal kegiatan keagamaan siswa diantaranya disiplin dalam melaksanakan shalat berjamaah, dan membaca Al-Qur’an. Terbentuknya iman dan ihsan, akhlaqul karimah siswa yaitu sopan, santun dan saling menghormati, disiplin dan berpakaian menutup aurat, serta semakin bertambahnya pengetahuan agama siswa. 3) Faktor yang mendukung pelaksanaan penanaman pendidikan karakter religius dan kepemimpinan siswa di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus yaitu motivasi dan dukungan orang tua, komitmen bersama, fasilitas yang lengkap. Sedang faktor penghambat yaitu latar belakang siswa, kurang kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Morning Spiritual Gathering (MSG), Karakter Religius, Kepemimpinan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:25
Last Modified: 11 Jul 2023 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item