Upaya Peningkatan Tata Krama Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas VI MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus

Fikria, Firda (2023) Upaya Peningkatan Tata Krama Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas VI MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
06 BAB III OK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, tata krama Jawa semakin berkurang di kalangan anak-anak hingga usia dewasa. Sehingga perlu adanya upaya peningkatan tata krama Jawa sejak dini di rumah dan di sekolah sebagai tempat belajar. Salah satunya melalui pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. 2) Untuk mengetahui upaya peningkatan tata krama Jawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di MI NU Tarbiyatus Shibyan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Bahasa jawa dan dua peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, proses pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VI dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat yang dibuktikan dengan hasil observasi. Dalam proses pembelajaran, guru selalu menggunakan unggah-ungguh Jawa ketika menjelaskan materi pelajaran maupun berkomunikasi dengan peserta didik. Setelah guru menjelaskan materi pelajaran, peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran. Kedua, cara yang dilakukan untuk meningkatkan tata krama peserta didik yaitu melalui tahapan memberikan motivasi belajar kepada peserta didik, memberikan pengajaran Bahasa Jawa, membiasakan berkomunikasi sesuai unggah-ungguh basa, membiasakan berperilaku sesuai tata krama Jawa, dan melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Unggah-ungguh Jawa, Peningkatan Tata Krama Jawa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:11
Last Modified: 17 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item