Soffiranica, Kharisma (2023) Peran Guru dalam Menerpakan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SD Negeri 1 Colo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (165kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (370kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (139kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (190kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana cara penanaman pendidikan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di SD Negeri 1 Colo Kudus, 2) untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di SD Negeri 1 Colo Kudus, 3) untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan pendidikan nilai-nilai modersi beragama pada siswa SD Negeri 1 Colo Kudus. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa 1) Penanaman pendidikan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di SD Negeri 1 Colo kudus yaitu dengan memberi bimbingan, memberi ajaran materi serta mencontohkan nilai-nilai moderasi beragama itu sendiri pada mata pelajaran PAI, PKN dan IPS. 2) Peran guru dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di SD Negeri 1 Colo Kudus meliputi, Pertama; berperan sebagai conservator, peran yang akan guru lakukan dengan memberi penguatan spiritual, baik itu memberi pengertian atau penjelasan maupun motivasi agar anak-anak semangat dalam mengamalkan nilai-nilai modersi beragama. Serta guru juga harus mencontohkan dan aktif memberi teladan bagaimana bergaul dan bersikap, baik pada jam pelajaran maupun di luar. Kedua; berperan sebagai inovator, menjalankan program-program yang di luar jam pelajaran seperti halnya bersih-bersih halaman, praktik salat, PHBI (Perayaan Hari Besar Islam). Bahkan guru berkordinasi melaksanakan bimbingan keagamaan pada siswa yang tidak beragama Islam. Ketiga; berperan sebagai transformator. Transformasi yang dilakukan guru dalam membangun moderasi beragama yaitu, guru menjadi seorang figur (contoh/panutan). Memotivasi dan memberi bimbingan sebagai usaha meneruskan sistem nilai, sebagai peran juga tidak lepas dari bagaimana sikap guru memberi contoh dan menjadi figur untuk setiap muridnya. Guru sebagai figur memberikan tanggung jawab kepada seorang guru agar mampu bersikap dengan baik, agar murid tidak salah dalam menerima sikapnya. 3) Faktor-faktor yang mendukung terbentuknya sikap moderasi beragama siswa meliputi: Pertama, Adanya dukungan dari kepala sekolah. Kepala sekolah SD Negeri 1 Colo kudus sangat mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan. Kedua, Adanya materi yang berkaitan dengan moderasi beragama. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa kelas 1-6 SD Negeri 1 Colo Kudus meliputi: Pertama, Faktor lingkungan di luar sekolah sangat berpengaruh sekali dalam menghambat terbentuknya sikap moderasi beragama siswa. Kedua, Faktor media sosial yang sulit dikontrol akan menghambat terbentuknya sikap moderasi beragama siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Nilai-nilai Modersi Beragama, Siswa Sekolah Dasar. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:16 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10585 |
Actions (login required)
View Item |