Implementasi Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Kelas 5 di MI Miftahul Falah Karangnongko Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2022-2023

Umam, Moh. Khotibul (2023) Implementasi Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Kelas 5 di MI Miftahul Falah Karangnongko Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER OKE.pdf

Download (894kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (747kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an adalah pendidikan paling utama yang harus diajarkan kepada setiap manusia. Baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga, teman, maupun yang lainnya. Salah satu hakikat pendidikan adalah mengubah karakter peserta atau anak didik agar sesuai dengan karakter sistem sosial yang sedang berjalan. Jadi, pendidikan Al-Qur’an ini sangat berpengaruh sekali di dalam kepribadian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program unggulan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an di MI Miftahul Falah Karangnongko Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2022-2023. Untuk mengetahui progam tahsin dan tahfidz Al-Qur’an menjadi progam unggulan di MI Miftahul Falah Karangnongko Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2022-2023. Untuk mengetahui dampak program unggulan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an dalam mengembangkan karakter siswa kelas 5 di MI Miftahul Falah Karangnongko Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2022-2023. Metode penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan, pendekatannya kualitatif dan sifatnya deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, Pertama: Pelaksanaan Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di MI Miftahul Falah mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program tahfidz Al-Qur’an telah sesuai dengan teori penyusunan program yaitu menentukan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan, menentukan tanggung jawab dan merencanakan kegiatan dan jadwal kegiatan. Pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an ini dilaksanakan pada setiap hari kecuali hari senin, karena senin pagi upacara. Waktunya pukul 06.30-07.30 pagi sebelum KBM. Pelaksanaan evaluasinya adalah dengan beberapa cara, yaitu: evaluasi per-juz, evaluasi per-surat, evaluasi simaan, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, evaluasi khusus. Kedua: Untuk kelas 1 sampai kelas 4, progamnya adalah tahsin tidak langsung tahfidz tetapi kelas persiapan, karena sebelum menghafal, mereka harus benar-benar dipersiapkan terlebih dahulu, mereka diajarkan membaca sesuai makhorijul huruf dan sesuai tajwidnya. Anak kelas 1 dikenalkan huruf hijaiyah dan makhorijul huruf. Anak kelas 2 diajarkan membaca kata demi kata. Anak kelas 3 diajarkan membaca kalimat demi kalimat. Dan anak kelas 4 diajarkan membaca ayat-ayat dengan fashih sesuai tajwidnya. Lalu di kelas 5 baru mereka memasuki progam tahfidz atau menghafal. Ketiga: Program tahfidz al-Qur’an ini berimplikasi terhadap terbentuknya karakter siswa menjadi lebih baik seperti jujur dilihat dengan pernyataan siswa sesuai dengan buku setoran tahfidz ketika ditanya oleh ustadz atau ustadazah sampai mana hafalan mereka, disiplin dalam waktu setoran hafalan, bertanggung jawab terhadap hafalannya dilihat dari siswa selalu muroja’ah hafalan agar tidak mudah dilupakan dan berimplikasi terhadap perilaku siswa yang sopan santun terhadap bapak dan ibu guru, ustadz dan ustadzah yang dibuktikan dengan memberikan salam serta bersalaman ketika bertemu dan mematuhi aturan program tahfidz Al-Qur’an ketika berlangsung tidak ada yang saling berbicara atau bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an, Mengembangkan Karakter Siswa Dan Implementasinya
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:52
Last Modified: 20 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item