Farohi, Muhammad Ishman (2023) Strategi Pembelajaran Fiqih pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII di MTs Negeri 01 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (573kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (568kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (787kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara (jumlah informan 4 yang terdiri dari Kepala Madrasah, guru Fiqih dan dua Peserta didik), observasi dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data pada strategi pembelajaran Fiqih pada masa pandemi Covid-19 kelas VIII di MTs Negeri 01 Kudus pada tahun ajaran 2020/2021 menggunakan uji kredibilitas dengan beberapa cara yaitu, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan beberapa referensi, serta mengadakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Fiqih padaa masa pandemi Covid-19 kelas VIII MTs Negeri 01 Kudus Tahun pelajaran 2020/2021. Strategi pembelajaran merupakan pendekatan menyeluruh pembelajaran dalam mengelola kegiatan pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran yang telah ditentukan secara efektif dan efisien. Sebelum proses pembelajaran, guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai pedoman agar proses berjalan sistematis, lalu mempersiapkan bahan ajar dan referensi pendukung, metode yang digunakan, dan pendekatan yang tepat, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (2) Media pembelajaran Fiqih pada masa pandemi Covid-19 kelas VIII MTs Negeri 01 Kudus yaitu dengan menggunakan beberapa media seperti WhatsApp sebagai media berkomunikasi, YouTube sebagai bahan ajar tambahan atau referensi dan Google Form sebagai tempat absensi dan tugas harian bagi peserta didik. Penggunakan media tersebut sangat mudah digunakan dan telah disepakai oleh peserta didik dan guru Fiqih sebagai media pembelajaran Fiqih pada masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 01 Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Fiqih, Pandemi Covid-19. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 07:47 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 07:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10609 |
Actions (login required)
View Item |