Implikasi Dzikir Ratib Al-Haddad Terhadap Kecerdasan spiritual Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Toroh Grobogan

Khidzir, Mohammad (2023) Implikasi Dzikir Ratib Al-Haddad Terhadap Kecerdasan spiritual Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Toroh Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang fungsinya sebagai spirit atau penyemangat untuk menemukan kebermaknaan hidup, meningkatkan kualitas dan potensi diri ke arah yang lebih baik dan positif. Dalam perspektif Islam, kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan aspek Teo (Tuhan). Oleh karena itu, untuk meningkatkan kecerdasan spiritual maka seseorang harus mendekatkan diri kepada Allah Swt salah satunya dengan melalui dzikir. Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti tentang bagaimana implikasi Dzikir Ratib Al-Haddad terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Toroh Grobogan. Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif. Adapun tenik pengumpulan data diproleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini merupakan pengasuh, satu pengurus dan tujuh santri. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa dzikir Ratib Al-Haddad berdampak terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Toroh Grobogan. Adapun indikator kecerdasan spiritual yang dirasakan oleh para santri yaitu: Pertama, meningkatnya keimanan. Kedua, meningkatnya ketaqwaan. Ketiga, menjadikan perilakunya menjadi lebih baik. Keempat, membuat hati menjadi tenang. Kelima, menumbuhkan rasa bahagia. Keenam, mampu memakanai kehidupan dengan positif. Ketujuh, mampu menumbuhkan semangat. Kedelapan, mampu menumbuhkan rasa syukur. Dalam proses pelaksanaan juga memberikan peran penunjuang dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri karena terdapat aspek penyucian secara lahiyah dan batiniah, penyelaluran energi positif dan menanamkan dzikir dihati para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaslahat, Meta MalihatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dzikir Ratib Al-Haddad, Kecerdasan Spiritual, Pondok Pesantren Darul Falah, Santri.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:12
Last Modified: 21 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item