Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Akar Berdasarkan Prosedur Newman

Putri, Hidaya Tika Syah (2023) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Akar Berdasarkan Prosedur Newman. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (303kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (531kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di kelas IX pada salah satu madrasah di Kudus, bilangan berpangkat dan bentuk akar merupakan salah satu materi di mana siswa banyak melakukan kesalahan dalam penyelesaian, khususnya pada pemahaman dan proses penyelesaian soal HOTS. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui jenis kesalahan beserta faktor dan jumlah siswa yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas IX MTs darul Ulum tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Darul Ulum kelas IX sebanyak delapan belas siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dari hasil tes tertulis, wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan membaca, pemahaman, transformasi, dan pengkodean. Faktor terjadinya empat kesalahan tersebut ialah siswa tidak mengetahui informasi penting dalam soal, siswa salah menangkap informasi masalah dalam soal, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, dan siswa salah dalam menulis atau bahkan tidak menuliskan kesimpulan jawaban. Terdapat empat siswa melakukan kesalahan membaca, satu siswa melakukan kesalahan pemahaman, dan tiga belas siswa melakukan kesalahan transformasi pada soal HOTS nomor satu. Selain itu, ada lima siswa melakukan kesalahan membaca, enam siswa melakukan kesalahan pemahaman, satu siswa melakukan kesalahan transformasi, dan ada enam siswa melakukan kesalahan pengkodean pada soal HOTS nomor dua. Sedangkan pada soal HOTS nomor tiga terdapat dua siswa melakukan kesalahan membaca dan terdapat enam belas siswa melakukan kesalahan pemahaman. Hasil penelitian ini dapat dijadikan antisipasi didaktis guru matematika dalam mendesaian pembelajaran bilangan berpangkat dan bentuk akar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal HOTS, Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar, Prosedur Newman.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:50
Last Modified: 24 Jul 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item