Pemberdayaan Masyarakat dalam Proses Konservasi Lingkungan Pesisir di Desa Bulumanis Kecamatan Masrgoyoso Kabupaten Pati

Wahyudi, Noor (2023) Pemberdayaan Masyarakat dalam Proses Konservasi Lingkungan Pesisir di Desa Bulumanis Kecamatan Masrgoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (505kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (259kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat, upaya pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya masyarkat yang secara efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat dalam proses konservas. (2) Mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pemberdayaan masyarakat dalam proses konservasi lingkungan pesisir di Desa Bulumanis Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan pembahasan mempelajari secara intensif tentang latar belakang sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit social, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Penelitian ini peneliti melakukan studi langsung untuk memperoleh data pemberdayaan masyarakat dalam proses konservasi lingkungan pesisir. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Simpulannya yaitu upaya yang dilakukan pada pemberdayaan masyarakat dalam proses konservasi dengan penanaman mangrove adalah yang memberikan penyadaran kepada masyarakat melalui sosialisasi dan penyuluhan, proses penanaman mangrove, mengembangkan kemampuan masyarakat melalui pelatihan keterampilan, kemudian yang terakhir ini nantinya diharapkan masyarakat mampu menciptakan peluang usaha mandiri untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyalurkan hasil produksinya dari tanaman mangrove di Desa Bulumanis Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Ada dua faktor yang selalu ada pada program pemberdayaan yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambatnya yaitu belumsiapnya sumber daya manusia, sifat dan karakter yang berbeda-beda, dan pemahaman masyarakat. Faktor pendukung yaitu sumber daya alam yang berpotensi, pelatihan-pelatihan yang dilakukan masyarakat yang tinggi, dan kerja sama antar pemerintah desa dengan pemuda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyoningsih, SetyoningsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Konservasi Lingkungan Pesisir.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:36
Last Modified: 24 Jul 2023 06:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item