Marcelino, Marcelino (2023) Strategi Guru IPS Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (232kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (386kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran guru membutuhkan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah rencana termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Terlebih pada masa pademi Covid-19 yang mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring tidak terlepas dari kendala dalam proses pembelajaran, sehingga guru IPS harus dapat mengatasi dan memilih strategi yang tepat untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru IPS dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid - 19 di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus; (2) untuk megetahui kendala yang dihadapi guru IPS dalam menerapkan strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid - 19 di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus; (3) untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan guru IPS dalam pembelajaran adalah strategi ekspositori dan strategi inquiry. (2) Kendala yang dihadapi guru IPS dalam menerapkan strategi pembelajaran diantaranya: jaringan internet (signal) yang tidak stabil, fasilitas belajar siswa yang kurang memadai, perbedaan karakter siswa, perbedaan daya serap siswa, siswa pasif. (3) Cara mengatasi kendala tersebut adalah guru memotivasi dirinya sendiri sebagai seorang pendidik dan memotivasi siswanya agar lebih semangat dan antusias dalam belajar, melakukan pendekatan dan memberikan perhatian kepada siswa, guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran, kerja keras guru lebih ditingkatkan lagi dibandingkan pada masa non pandemi, melakukan home visit dan menyarankan siswa untuk belajar bersama teman yang fasilitas belajarnya lebih memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Guru IPS, Pandemi Covid-19 | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:33 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:33 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10656 |
Actions (login required)
View Item |