Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Android Berbasis Nilai Keislaman pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII MTs/SMP

Arfiana, Khikmatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Android Berbasis Nilai Keislaman pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII MTs/SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (763kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (943kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penggunaan teknologi berkembang sangat pesat pada zaman saat ini. Akan tetapi penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA belum maksimal. Maka penelitian ini bertujuan 1) mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif aplikasi android berbasis nilai keislaman pada materi sistem pernapasan kelas VIII MTs/SMP. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif aplikasi android berbasis nilai keislaman pada materi pernapasan kelas VIII MTs/SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 bagian Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian adalah 3 validasi ahli, 26 peserta didik, dan 2 guru IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi terkait kevalidan aplikasi, serta uji coba peserta didik dan guru terkait kelayakan aplikasi. Aplikasi android berbasis nilai keislaman materi sistem pernapasan dibuat dan dikembangkan menggunaka Smart Apps Creator (SAC) yang kemudian berupa format .apk yang dapat diinstal di smartphone peserta didik. Aplikasi ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, masing-masing mendapatkan skor penilaian sebesar 98,49% dengan kategori “Sangat Layak” dan 84,48% dengan kategori “Layak”. Penilaian oleh guru dan peserta didik mendapatkan respon yang baik dengan masing masing skor penilian 93,10% dengan kategori “Sangat Layak” dan 88,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dan penilian tersebut bahwa palikasi yang dikembangkan valid dan layak sehingga aplikasi dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Aplikasi android, Nilai keislaman
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:50
Last Modified: 27 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item