ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB FATHUL QORIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MTS NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS)

Zainurrohman, Mohammad Yazid (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB FATHUL QORIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MTS NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Fathul Qorib dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Fiqih dengan kitab Fathul Qorib di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, Apa sajakah hambatan-hambatan dalam pembelajaran muatan lokal kitab Fathul Qorib di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus serta Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) yang dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapat potret Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Fathul Qorib dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Kitab Fathul Qorib di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus masih menggunakan metode klasik tapi didukung dengan alat pembantu yang modern serta pemilihan materi lalu dijadikan konsep pembelajaran agar siswa kondusif dan bisa fokus dalam pembelajaran. Beberapa hal yang menghambat pembelajaran Kitab Fathul Qorib di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, yaitu: kurangnya guru dalam memanajemen kelas; materi yang kurang menarik bagi siswa; siswa tidak kondusif; penempatan jam pelajaran yang kurang tepat dan kurangnya fasilitas seperti proyektor. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, hal tersebut ialah: keuletan guru dalam memanajemen kelas; ditunjang pembelajaran kitab Fathul Qorib; sarana dan media yang mendukung; pemilihan metode yang tepat; minat siswa dalam pembelajaran; motivasi guru terhadap siswa; menggunakan media youtube sebagai pemicu motivasi; sistem evaluasi yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua, pihak (guru, siswa), untuk dapat mengembangkan proses pembelajaran supaya lebih efektif dan mencptakaan suasana yang kondusif dan nyaman saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 06:24
Last Modified: 21 May 2017 06:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item