Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Nasi Kepel dalam Menanamkan Nilai Sosial dan Nilai Religius di MTs NU Miftahul Ulum Desa Loram Kulon

Caitriana, Silvi (2023) Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Nasi Kepel dalam Menanamkan Nilai Sosial dan Nilai Religius di MTs NU Miftahul Ulum Desa Loram Kulon. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Perkembangan zaman yang sudah modern ini peserta didik yang kurang giat dan kurang tekun dalam belajar materi IPS, serta masih berpusat pada guru dan buku sebagai sumber informasi. Sehingga peserta didik masih kurang memahami dalam konteks kearifan lokal. Adapun kearifan lokal ini berupa tradisi sedekah nasi kepel yang memiliki keunikan yang tidak ditemukan di daerah lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk menjelaskan implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal tradisi sedekah nasi kepel dalam menanamkan nilai sosial di MTs NU Miftahul Ulum Desa Loram Kulon. 2) Untuk menjelaskan implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal tradisi sedekah nasi kepel dalam menanamkan nilai religius di MTs NU Miftahul Ulum Desa Loram Kulon. 3) Untuk mengidentifikasi hambatan dan solusi pada implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal tradisi sedekah nasi kepel dalam menanamkan nilai sosial dan nilai religius di MTs NU Miftahul Ulum Desa Loram Kulon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yakni peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di Desa Loram Kulon dan MTs NU Miftahul Ulum, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru mapel IPS, Peserta Didik, Juru Pelihara Masjid, dan Masyarakat. Adapun penelitian tersebut, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Kemudian data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna kelengkapan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembelajaran IPS yang berbasis kearifan lokal pada tradisi sedekah nasi kepel dapat membentuk nilai sosial pada peserta didik, diantaranya menanamkan sikap kepedulian sosial, bertanggung jawab, toleransi, serta menumbuhkan rasa cinta kepada budaya Indonesia. Kedua, dalam melaksanakan kegiatan tradisi sedekah nasi kepel dapat melindungi kita dari musibah bencana yang akan melanda kita, serta sebagai sarana penyempurnaan ibadah, agar selalu mendapat pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Ketiga, dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yang berbasis kearifan lokal pada tradisi sedekah nasi kepel ini membutuhkan waktu yang lama, karena peserta didik kurang memahami bahkan kurang mengetahui terkait tradisi kebudayaan yang ada didaerahnya, sehingga perlu pengenalan secara terus menerus agar peserta didik dapat mengetahui dan memahami guna tradisi tersebut dapat terlestarikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFua'dah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tradisi Sedekah Nasi Kepel, Pembelajaran IPS, Nilai Sosial dan Nilai Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:43
Last Modified: 28 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item