Pengaruh Metode Bercerita Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara 2021/2022

A’yun, Riza Kurrotul (2023) Pengaruh Metode Bercerita Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (542kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui tentang pengaruh metode bercerita boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui pembelajaran bahasa ekspresif anak sebelum diterapkan metode bercerita boneka tangan pada anak kelompok B di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara, 2) mengetahui pembelajaran bahasa ekspresif anak sesudah diterapkan metode bercerita boneka tangan pada anak kelompok B di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepaara, 3) mengetahui pengaruh metode bercerita boneka tangan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di RA Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperiment Reseach dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh : 1) adanya perbedaan kemampuan bahasa ekspresif anak dalam pembelajaran metode bercerita boneka tangan dengan yang tidak diajarkan menggunakan metode bercerita boneka tangan. 2) berdasarkan uji t-test, diketahui bahwa nilai (sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pada kemampuan bahasa ekspresif dalam pembelajaran metode bercerita boneka tangan (pos-test) kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Terdapat peningkatan nilai kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelas eksperimen sebesar 8,80 dan terdapat pada kelas kontrol sebesar 8,10. Dari hasil rata-rata nilai anak kelas eksperimen yaitu 6,05 pada pre-test dan 8,80 pada pos-test maka menunjukkan bahwa adanya peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Thesis advisorYulianti, EnnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Bercerita Boneka Tangan, Bahasa Ekspresif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:53
Last Modified: 28 Jul 2023 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item