Feminisme Perspektif Pendidikan Islam (Urgensi Pemikiran Rahmah El Yunusiyyah Terhadap Pendidikan Islam Era Modern Di Indonesia)

Nadhifah, Imro’atun (2023) Feminisme Perspektif Pendidikan Islam (Urgensi Pemikiran Rahmah El Yunusiyyah Terhadap Pendidikan Islam Era Modern Di Indonesia). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (988kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pemikiran Rahmah El Yunusiyyah tentang urgensi pendidikan bagi kaum perempuan, bukan untuk mengunggulkan kaumnya melainkan demi kesejahteraan masa depan generasi sesudahnya. Di zaman sekarang dengan berbagai perkembangan teknologi, kita memerlukan penguatan (reinforcement) agar tidak mudah terpengaruh stigma yang berkembang. Pandangan Rahmah El Yunusiyyah tentang feminisme dan pendidikan Islam serta hubungan dari kontribusi Rahmah El Yunusiyyah terhadap kualitas pendidikan Islam di era modernisasi menunjukkan bahwa Islam hadir untuk sebuah kemanusiaan universal membebaskan penindasan, diskriminasi, subordinasi, dan kebodohan menuju perwujudan kehidupan yang setara, berkeadilan, dan berilmu pengetahuan bagi semua manusia: laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitan kepustakaan (library research) bersumber dari literatur (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen) dengan pendekatan kualitatif bersifat teoritis dan interpretatif. Metode pengumpulan data melalui metode dokumentasi (menggali data kepustakaan berupa catatan-catatan tertulis dan foto yang relevan dengan penelitian), kemudian data diproses dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis deduktif lalu dikelompokkan sesuai bidang pokok bahasan hingga menjadi suatu kesatuan dokumen guna menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Berdasarkan latar belakang Rahmah El Yunusiyyah yang patut diteladani, maka pandangan progresif Rahmah El Yunusiyyah sebagai upaya self improvement penunjang kualitas pendidikan Islam pada era modernisasi. Dengan mengkaji pemikiran Rahmah El Yunusiyyah menjadikan pola pikir, karakter, tingkah laku lebih terjaga semata-mata proses memperbaiki diri agar mencapai aktualisasi diri dan terwujudnya insan kamil (manusia seutuhnya). Hubungan kontribusi dari pemikiran Rahmah El Yunusiyyah terhadap pendidikan Islam di era modern sekarang ini terletak pada Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, di mana hingga masa kini memiliki eksistensi tersendiri dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam. Realitasnya pada era yang menuntut banyak perubahan baik tingkah laku maupun teknologi, Diniyyah Puteri mampu memfasilitasi anak didiknya dengan berbagai program pembelajaran yang mengasah potensi dirinya sebagai perempuan dan kelak menjadi madrasah pertama bagi putra-putrinya. Perbaikan diri secara berkesinambungan dan optimal menjadi titik balik penelitian ini, sebab kehidupan berjalan seiring perkembangan zaman namun sebagai muslim tetaplah teguh pada ajaran Islam agar tercipta generasi berkarakter yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Pemikiran Rahmah El Yunusiyyah, Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:56
Last Modified: 28 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item