Penerapan Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Fikih Di Man 2 Pati

Ahzami, Faishal Zaki (2023) Penerapan Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Fikih Di Man 2 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat pentingnya variasi gaya mengajar, khususnya pada mata pelajaran fikih. Pada proses pembelajaran fikih diperluka gaya belajar yang sangat efektif, ini dikarenakan pada materi pada pelajaran fikih tidak cukup jika variasi gaya mengajarnya hanya berupa ceramah saja. Dalam pembelajaran fikih, perlu adanya gaya belajar yang mampu memudahkan siswa dalam memahami materi, baik materi yang berupa bacaan maupun materi yang memerlukan adanya praktikum dan contoh kasus. Dalam penelitian ini, skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui, dintaranya yaitu: 1) Yang pertama yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan variasi gaya mengajar fikih guru pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Pati, 2) Yang kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan komponen variasi gaya mengajar fikih guru pada mata pelajaran fikih Di MAN 2 Pati. Penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian deksriptif kualitatif. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik diantaranya triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Sumber datanya yaitu guru dan siswa. Data analisis yang digunakan peneliti yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa guru di MAN 2 Pati menerapkan semua varias gaya mengajar, pada pelaksanaanya dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi, untuk variasi gaya mengajar klasik diterapkan oleh guru fikih saat menjelaskan teori, untuk variasi gaya mengajar teknologis dilakukan untuk menyampaikan materi melalui power point dan untuk memperlihatkan video, untuk variasi gaya mengajar personalisasi dilakukan saat ada siswa yang kurang faham, untuk variasi gaya mengajar interaksional dilakukan saat siswa diberi kesempata untuk bertanya, memberi tanggapan, dan diskusi bersama. Pada penerapan komponen variasi gaya mengajar duru di MAN 2 Pati juga menerapkan semua komponennya, pada pelaksanaanya disesuaikan dengan situasi dan kondisi, Pada komponen suara dilakukan saat siswa ada siswa yang ramai, pada komponen penekanan dilakukan saat guru perlu menjelaskan materi lebih ekstra lagi, pada komponen pemberian waktu dilakukan diberikan waktu untuk bertanya, pada komponen kontak pandang diterakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa, serta untuk menarik perhatian siswa agar terus fokus saat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanusi, SanusiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Variasi, Gaya Mengajar, Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:06
Last Modified: 03 Aug 2023 01:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item