Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Surah Pendek Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Untuk Memudahkan Hafalan Siswa Kelas V MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2022/2023

A’ina, Dinaqorry (2023) Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Surah Pendek Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Untuk Memudahkan Hafalan Siswa Kelas V MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (858kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media puzzle dalam memudahkan hafalan surah pendek siswa kelas V C di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus. 2. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal surah pendek sesudah penggunaan media puzzle kelas V C di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan pendekatan kualitatif. Kemudian data dalam penelitian ini, didapatkan sumber data primernya berasal dari lapangan yaitu mendapatkan sumber data secara langsung dari kepala madrasah MI Nu Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus, guru kelas MI Nu Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus dan peserta didik kelas V C MI Nu Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus melalui wawancara dan observasi/pengamatan. Data sekunder peneliti ini dikumpulkan berasal dari beberapa dokumen lembaga yang berisi sejarah berdirinya MI Nu Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus, letak geografis sekolah, data pendidik, data peserta didik, struktur organisasi serta sarana prasarana yang ada di MI Nu Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus dan RPP dari mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V materi Surah Al Humazah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Pengujian keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksteral), dependability (reabilitas), dan confermability (obyektifitas). Teknis analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V C MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus sangat bermanfaat dan membantu guru dalam pembelajaran.. Dalam pelaksanaan penggunaan media puzzle dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V C MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus terdapat beberapa langkah yaitu guru meminta siswa membaca surah Al-Humazah bersama, kemudian menjelaskan isi kandungan dari surah Al-Humazah dan menghafalkan surah Al-Humazah beserta terjemahannya dengan cara menghafal perkata/ mufradatnya kemudian guru mengacak potongan puzzle yang berisi surah Al-Humazah dan terjemahannya lalu siswa disuruh menyusun potongan puzzle dengan baik dan tepat. Adapun kemampuan siswa setelah menggunakan media puzzle surah pendek yaitu siswa kelas V C ini sangat terbantu dengan penggunaan media puzzle surah Al-Humazah, siswa menjadi lebih mudah menghafal hal tersebut dapat dilihat dari hafalan dari beberapa siswa yang disuruh maju oleh guru, mereka berhasil dalam menghafalkan surah Al-Humazah dengan lancar dan baik. Setelah menggunakan media puzzle surah Al-Humazah terdapat kelemahan dalam terjemahan sehingga guru mengembangkan media puzzle surah Al-Humazah dengan tambahan media puzzle terjemahan surah Al-Humazah. Hal tersebut menambah manfaat dari media puzzle surah pendek yaitu selain membantu memudahkan siswa dalam menghafal surah pendek, siswa juga terbantu dalam menghafalkan terjemahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran puzzle, memudahkan hafalan surah pendek, Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:32
Last Modified: 08 Aug 2023 01:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item