Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Islam Melalui Home Industry Penggergajian Kayu Blandong Jaya di Desa Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Agustya, Eva Kumala (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Islam Melalui Home Industry Penggergajian Kayu Blandong Jaya di Desa Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (231kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali proses pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui home industry penggergagjian kayu Blandong Jaya yang dilakukan oleh pemilik usaha penggergajian kayu Blandong Jaya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi warga setempat. Home industry penggergajian kayu Blandong Jaya menjadi usaha yang tepat dan cermat agar dapat memberdayakan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah sebagai bahan bakunya. Seiring berjalannya waktu yang mana saat ini sudah terkenal karena kualitas kayu gergajian yang tetap terjaga. Selain itu juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui home industry penggergajian kayu Blandong Jaya di Desa Rejosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan yaitu : Pemdes Rejosari, Pemilik home industry penggergajian kayu Blandong Jaya dan karyawan tetap penggergajian kayu Blandong Jaya serta dokumentasi foto tempat usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui home industry penggergajian kayu Blandong Jaya menggunakan pemberdayaan Arus mezzo dengan perpaduan prinsip-prinsip pemberdayaan dalam prespektif Islam dan pelaksanaannya yaitu dengan dilaksanakan beberapa tahapan diantarannya penyadaran, pembinaan/pelatihan dan pembentukan kemandirian. Ketiga tahapan tersebut menuai hasil yang signifikan dengan adanya kesadaran bagi masyarakat untuk bersemangat dalam menaikkan taraf hidup perekonomiannya. Dalam menjalankan program pemberdayaan terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami. Faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui home industry penggergajian kayu blandong jaya. Faktor pendukung nya ialah adanya sumber daya alam yang melimpah sebagai bahan baku utama berupa pohon, sumber daya manusia atau tenaga kerja yang terpenuhi, alat penggergajian yang lengkap, alat transportasi yang sudah modern dan adanya gadget dapat mempermudah dalam pemasaran produk kayu gergajian, semua hasil kayu bundar (log) dapat bermanfaat untuk diperjual belikan. Faktor penghambat salah satunya jika terjadi musim hujan, karena proses pendistribusian kayu bundar ke pengggergajian sedikit terkendala. Selanjutnya keterlambatan pihak konsumen dalam pembayaran sehingga mempersendat perputaran uang dalam usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Home Industry, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:50
Last Modified: 08 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10783

Actions (login required)

View Item View Item