Analisis Bimbingan Konseling Islam Pada Penanganan Anak Korban Pelecehan Seksual di Dinas Sosial Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak

Azizah, Afis Zahrotul (2023) Analisis Bimbingan Konseling Islam Pada Penanganan Anak Korban Pelecehan Seksual di Dinas Sosial Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Anak adalah karunia Allah SWT yang diberikan kepada manusia untuk di besarkan dan dijaga karena anak merupakan generasi penerus bangsa, agama dan keluarganya. Oleh karena itu anak korban tindak kejahatan pelecehan seksual harus mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar dapat mengatasi trauma akibat dari pelecehan yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1), kondisi psikologis anak korban pelecehan seksual yang ditangani oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Kabupaten Demak. (2) layanan pendampingan yang dilakukan oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Studi kasus ini berfokus pada satu isu dan persoalan atau biasa disebut dengan studi kasus instrumental tunggal dengan menganalisis data pelecehan seksual anak di Kabupaten Demak untuk mendapatkan pemahaman yang utuh dan jelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama terkait dengan kondisi psikologis anak korban dari pelecehan seksual yang ditangani oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA) Kabupaten Demak dimana anak sangat trauma dengan kejadian seksual yang pernah dialami, akibat dari trauma yang berlebihan tersebut menjadikan anak putus sekolah, kurang percaya diri terhadap orang yang baru dikenal, kurangnya semangat dalam menjalani hidup, sampai percobaan untuk bunuh diri. Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak mendapatkan data masuk dan melapor atas tindak pelecehan yang terjadi pada anak di tahun 2019 sebanyak 66 kasus, tahun 2020 menjadi 73 kasus, 2021sampai 2023 mencapai kasus 25 kasus terjadi penurunan karena adanya kesadaran dan keberanian masyarakat untuk melapor . Kedua layanan pendampingan yang dilakukan oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak dalam menangani anak korban dari pelecehan seksual meliputi pemulihan trauma korban yang dilakukan sebagai upaya untuk menjauhkan anak dari pikiran dan perasaan seksual yang terus membayang-bayangi korban. Memberikan layanan berupa konseling individu, konseling dilakukan dengan cara datang langsung kerumah korban atau biasa disebut dengan kegiatan monitoring, kegiatan tersebut dilakukan untuk bisa mengetahui lebih jauh dan mendalam terkait dengan kondisi perkembangan psikologis korban. Memberikan layanan berupa bantuan hukum yang dilakukan mulai dari ketika pendampingan proses penyelidikan, olah TKP, persidangan sampai dengan keputusan di pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliyatun, YuliyatunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Penanganan Korban Pelecehan Seksual, Anak.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:56
Last Modified: 09 Aug 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item